Pahami Industri Halal & Inklusi Keuangan Indonesia dalam Seminar Mahasiswa Ekonomi Syariah UPN “Veteran” Jakart


JAKARTA -  Definisi Inklusi Keuangan berdasarkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif dari Bank Indonesia memiliki pengertian yaitu hak setiap orang untuk memiliki akses dan layanan penuh dari lembaga keuangan secara tepat waktu, nyaman, informatif, dan terjangkau biayanya dengan penghormatan penuh kepada harkat dan martabatnya. Dengan dasar ini kita sebagai generasi muda dituntut untuk mengembangan Inklusi Keuangan yang ada di Indonesia maupun dunia dengan tidak lupa untuk menerapkan nilai-nilai Syariah Perbankan didalamnya.

Seminar_ekonomi_syariah_(2).JPG

Atas dasar itulah Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPNVJ menyelenggarakan Seminar “Industri Halal & Inklusi Keuangan Dalam Perkembangan Ekonomi di Indonesia” di Auditorium Bhineka Tunggal Ika UPNVJ, padaSeminar_ekonomi_syariah_(4).JPG Rabu (07/03/18).

Acara diawali dengan sambutan dari Dekan FEB Dr. Drs.Ec. Prasetyo Hadi, MM dalam sambutannya beliau menyampaikan “Dengan seminar ini kita bersama akan lebih mengetahui bagaimana perkembangan Inklusi Keuangan di Indonesia saat ini, dan nantinya kita akan bersama-sama diskusi tentang pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. Semoga seminar ini bermanfaar bagi kita semua terutama bagi para Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah” Tuturnya.

Seminar kali ini dihadiri peserta yang berjumlah 140 orang meliputi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah dengan pembicara yang antara lain Muhammad Rizky Rizaldy, SE, MM (Dosen dan Peneliti Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah Departemen Ekonomi Syariah Universitas Gunadarma) dan Langgeng Basuki, SE ,MM (Kasubdit Pengelolaan Transaksi Surat Berharga Syariah Negara, Kementrian Keuangan). Hal utama yang dibahas di sesi pertama dalam Seminar kali ini mengenai sistem ekonomi islam di perekonomian dunia dengan tujuan menumbuhkan nilai-nilai islam dalam perekonomian yang ada di sekitar maupun yang ada di dunia. Dalam sesi kedua pembahasan lebih mengarah mengenai keadaan perkembangan Inklusi Keuangan yang ada di Indonesia saat ini.

Seminar_ekonomi_syariah_(1).JPG

Menurut Riska Tri Febriyani Mahasiswa FEB Progdi Ekonomi Syariah 2017 dalam kesempatannya saat diwawancarai menyampaikan tujuan dari adanya kegiatan ini menyiapkan generasi muda agar bisa lebih memahami bagaimana industri yang halal dalam perkembangan perekonomian yang ada di Indonesia saat ini, selain itu didalam seminar ini mereka bisa langsung berdiskusi dengan narasumber yang memang sudah memahami dari segi perekonomian di Indonesia khususnya perkembangan perekonomian syariah di Indonesia maupun dunia.

 

Back to top