Tingkatkan Mutu Kampus, UPN “Veteran” Jakarta Gelar Workshop ISO 1900:2015

WORKSHOP_ISOO_(4).JPG

JAKARTA – Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPNVJ mengadakan kegiatan Workshop Manajemen Mutu berbasis ISO 9001:2015 di Ruang rapat UPN “Veteran” Jakarta. Acara berlangsung selama 2 hari pada tanggal 1 - 2 Maret 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 45 orang yang meliputi para dekan, para dosen dan perwakilan pegawai UPNVJ.

Workshop diawali dengan sambutan oleh ketua LP3M UPNVJ Dra. Intan Hesti Indriana, MM. Beliau menyampaikan“sebelumnya UPN menggunakan ISO 9001:2008 dan pada tahun ini kita ingin ISO dilanjutkan dengan ISO 9001:2015, semoga semuanya berjalan lancar karena Workshop ini sangat bermanfaat dalam era sekarang ini”. Beliau juga menyampaikan “Workshop kali ini diharapkan dapat memotivasi kita dalam menumbuhkan budaya kerja PIKIR yang bermuara pada kinerja yang prima. Dan dalam Workshop ini kita juga bisa mengetahui apa saja yang yang harus diperbaiki menuju ISO 9001:2015” Tuturnya.

WORKSHOP_ISOO_(1).JPG
Ir. Sholichin Agung Darmawan
(Managing Director PT. Decra Indonesia)
Dalam Menyampaikan Materi Workshop ISO

Workshop ISO kali ini menghadirkan narasumber yaitu Ir. Sholichin Agung Darmawan (Managing Director PT. Decra Indonesia) yang dalam pembahasan pada hari pertama pelaksanaan Workshop mengenai perbedaan dan pelaksanaan Gap Assessment yaitu pengumpulan data untuk menuju ISO 9001:2015 dengan menunjuk auditor internal UPNVJ. Di hari kedua kegiatan Workshop dilanjutkan dengan Gap Analysis yaitu melihat dan menganalisis beberapa resiko yang terdapat di beberapa fakultas yang ditemukan oleh auditor internal UPNVJ.

Dalam kesempatannya saat diwawancarai Ir. Sholichin Agung Darmawan menyampaikan perbedaan antara ISO sebelumnya dan yang saat ini  “Perbedaan ISO sebelumnya dan yang sekarang ini adalah ISO 9001:2008 berbasis kinerja , sedangkan ISO 9001:2015 lebih berbasis keberlangsungan organisasi, jadi dalam ISO 9001:2015 ini awalnya dari manajemen resiko.  UPNVJ harus mengidenitfikasi resiko apa saja yang bisa menghambat UPNVJ sebelum pembangunan sistem”. Beliau juga menyampaikan “saran saya tindak lanjut kedepannya UPNVJ harus membuat kerangka manajemen resiko. Saya juga berharap semuanya dapat berkomitmen dengan baik dan terus menerapkan budaya kerja PIKIR dalam melaksanakan pekerjaannya” Tuturnya.

Menurut Ketua LP3M Dra. Intan Hesti Indriana, MM motivasi dilaksanakannya Workshop ISO 9001:2015 ini untuk mewujudkan Visi UPNVJ yaitu Menuju Perguruan Tinggi Badan Hukum, Inovatif, Berdaya Saing yang Beridentitas Bela Negara Tahun 2025. Beliau juga menyampaikan tindak lanjut yang akan beliau lakukan yaitu menyusun Risk Profile (penilaian atau kesimpulan atas kemampuan dan kesediaan investor untuk menanggung suatu risiko investasi) dari hal itu nantinya akan di tentukannya indikator-indikator yang akan menjadi sasaran mutu UPNVJ, beliau juga menyampaikan harapannya  “Saya berharap kinerja UPNVJ dapat berjalan dengan lebih baik sesuai dengan jalurnya dengan komitmen yang tetap. Dan terus menerapkan budaya kerja PIKIR karena saya optimis budaya kerja tersebut dapat meningkatkan kinerja pegawai dilingkungan UPNVJ” Tutupnya.

WORKSHOP_ISOO_(3).JPG


Back to top