Tingkatkan SDM, UPNVJ Laksanakan Asesmen Pemetaan Kompetensi Manajerial

 

asesmen_pemetaan_manajerial_(1).JPGHumasUPNVJ - Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di UPN “Veteran” Jakarta bagian umum dan keuangan melaksanakan kegiatan Asesmen Pemetaan Kompetensi Manajerial Pegawai UPNVJ di Gaida Consultant, Poltangan Raya, Jakarta Selatan. Sebanyak 33 peserta yang meliputi kepala bagian dan kepala sub bagian mengikuti asesmen kompetensi pegawai yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 10 – 11 Oktober 2018.

Kegiatan asesmen ini bekerjasama dengan Gaida Consultant pihak yang dipercaya melakukan assemen. Dalam hal ini Srijanto selaku Direktur Gaida Consultant menyampaikan Asesmen kompetensi ini utamanya adalah untuk melakukan pengukuran atau penilaian terhadap kompetensi manajerial yang dimiliki oleh para pejabat, hasil asesmen ini dapat dijadikan dasar untuk melakukan penempatan dan melihat pegawai yang potensial untuk dipromosikan.

 “Kompetensi yang diungkap lebih banyak untuk mengukur perilaku dan kriterianya harus valid. Dari semua data yang terkumpul nantinya assessor akan mengintegrasikan sehingga kita bisa melakukan penilaian. Manfaatnya kemampuan sumber daya manusia yang ada nantinya akan sesuai dengan kriteria instansi dan instansi dapat berjalan dengan lebih baik juga pegawai yang potensial akan sebagai bahan pertimbangan untuk dipromosikan” Ujar Srijanto saat diwawancarai.asesmen_pemetaan_manajerial_(3).jpg

Kegiatan terbagi menjadi tiga kegiatan yaitu mengerjakan soal simulasi yang sifatnya umum, simulasi kelompok untuk mengukur seberapa tertariknya yang bersangkutan kepada tugas yang membutuhkan kerja tim atau bekerjasama dalam pengelolaan berfikir, pengelolaan tugas, pengelolaan mengatur orang lain dan cara mengelola diri sendiri, selanjutnya dilakukan wawancara lebih mendalam untuk menggali pengalaman yang dialami peserta selama 2 sampai 3 tahun terakhir.  

 

 

asesmen_pemetaan_manajerial_(4).jpg asesmen_pemetaan_manajerial_(6).jpg

Drs. Haryanto selaku Kepala Sub.bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga UPNVJ yang merupakan salah satu peserta dari kegiatan ini menyampaikan manfaat yang didapatkannya dengan adanya pelaksanaan asesmen pemetaan komptensi manajerial, “Acara ini sangat bermanfaat sebagai acuan atau pertimbangan pimpinan untuk mengasesmen para pejabat agar sesuai dengan kriteria yang ada pada instansi dan dapat mendukung kemajuan di UPNVJ. Pertanyaan yang diberikan bersifat teknis sesuai dengan tugas pokok masing – masing dari pengalaman 2 sampai 3 tahun terakhir ini” Tuturnya.

asesmen_pemetaan_manajerial_(8).jpg asesmen_pemetaan_manajerial_(2).JPG

 

Back to top