UPACARA MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA 19 DESEMBER YANG DILAKSANAKAN PADA HARI SENIN 21 DESEMBER 2015 DILINGKUNGAN UPNV JAKARTA

 

BELA_NEGARA.jpg

Sebagai Kampus beridentitas Bela Negara Senin, 21  Oktober 2015 seluruh sivitas akademika UPN “Veteran” Jakarta melaksanakan Upacara Hari Bela  Negara yang jatuh  setiap tanggal 19 Desember. Bertindak sebagai Pembina Upacara Wakil Rektor II  Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA. Dalam amanat  Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Pembina Upacara antara lain menyebutkan bahwa  Presiden mengajak seluruh rakyat  Indoensia belajar dari sejarah perjuangan bangsa untuk menatap masa depan. Tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan bangsa,sifatnya sudah multidimensi. Itu artinya, ancaman tidak lagi bersifat konvensional atau fisik semata akan tetapi sudah berkembang baik fisik  maupun non fisik. Ancaman berkembang menjadi bersifat multidimensi karena karakter ancaman dapat bersumber dari  ideologi, politik, ekonomi sosial budaya. Sehingga hal ini mengharuskan kita untuk mendefinisikan ulang apa yang kita maksud dengan Bela Negara.

   BELANEGARA_2.jpg     BELANEGARA_3.jpg

Upaya untuk bisa berdiri diatas kaki sendiri secara ekonomi juga upaya Bela Negara. Para guru, bidan dan tenaga kesehatan yang tengah berjuang di pelosok Tanah Air, di kawasan perbatasan, di pulau-pulau terluar sesungguhnya sedang melakukan Bela Negara. Merekalah yang telah mebuat Republik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya. Oleh karena itu, Bela Negara memiliki spektrum yang sangat luas di berbagai bidang kehidupan, mulai dari politik, ekonomi, sosial dan budaya. Bela Negara bisa dilakukan oleh setiap warga negara dari berbagai latar belakang profesi : mulai dari petani, buruh, profesional sampai dengan pedagang. Bela Negara bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai peran dan profesi warga negara. Presidan juga mengingatkan kita semua bahwa tugas sejarah kita adalah membela negara ini dari kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan dan ketergantungan. Tugas Bela  Negara ini adalah tugas yang maha berat yang ada di depan mata kita saat ini. Tapi dengan semangat persatuan, kerja keras dan perjuangan bersama tugas sejarah itu bisa kita pikul bersama.

Berita Sebelumnya

PENDIDIKAN DAN LATIHAN BELA NEGARA BAGI CALON ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA UPNV JAKARTA TAHUN 2015

Berita Selanjutnya

HUT KORPRI KE - 44 UPN "VETERAN" JAKARTA