Siapkan Mahasiswa Berdaya Saing Global, UPNVJ Gelar Seminar Nasional dan Call For Paper

 

HumasUPNVJ - UPN “Veteran” Jakarta melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengelar seminar Nasional dan Call for papers dengan tema “Strategi Bisnis Ekonomi dan Pendidikan Berkarakter Bela Negara Dalam Industri 4.0”, dengan keynote speech Rektor UPNVJ Dr. Erna Hernawati, SE., Ak., CPMA., CA dan mengundang para dosen serta mahasiswa yang akan mengajukan makalahnya nanti saat sesi call for pappers, seminar dilaksanakan di gedung auditorium bhineka tunggal ika, pada. Kamis (13/12/18).

SEMINAR_NASIONAL_FEB_CALL_PAPPERS_(2).JPG

Hadir sebagai narasumber Laksama Pertama TNI Ivan Yulivan, Ina Primiana selaku Komisaris Utama PT. Pegadaian dan Intan Ahmad selaku Dirjen Belmawa Kemenristekdikti.

Seminar dibuka oleh Rektor UPNVJ yang dilanjutkan dengan membacakan keynote speech. Beliau menyampaikan harapannya semoga seminar kali ini menambah wawasan kita dengan perkembangan ekonomi pada era 4.0 dengan tidak lupa untuk menanamkan karakter Bela

“Semoga dengan adanya seminar ini dapat menambah wawasan kita terhadap ekonomi di era saat ini dengan tetap mengimplementasikan nilai Bela Negara”

Dalam pembahasannya Rektor menyampaikan mengenai Pendekatan Integratif dalam menghadapi era industri 4.0. Beliau menyampaikan bahwa kita tidak hanya harus siap tetapi harus menyiapkan diri untuk menjumpai era industri yang terus berkembang.

“Dengan mengetahui tahapan industri dari yang terdahulu hingga saat masa indrustri 4.0 dan nantinya kita memang harus menyiapkan untuk selalu siap di setiap era yang akan kita jumpai, jadi disini UPNVJ ingin mempersiapkan mahasiswa dengan lulusan yang siap untuk menghadapi semua era yang dijumpai. Hal ini menjadi prioritas karena masih banyak yang berfikiran bahwa kita belum memasuki era 4.0. Era ini merupakan era industri yang tidak bisa dihindari karena jika tidak menyiapkan dan tidak ingin mengikuti era yang ada, maka rencana kedepan tidak akan berjalan maksimal. Perubahan tidak menunggu kita tapi kita yang harus siap dan menyiapkan untuk bisa menjdi mahasiswa yg mampu bersaing di industri global”.

SEMINAR_NASIONAL_FEB_CALL_PAPPERS_(1).JPG

Beliau juga menambahkan “Kondisi pengangguran yang terus meningkat dan ini harus diantisipasi kita sebagai generasi muda dengan lebih konsen untuk bisa bersaing di industri global. jadi disini UPNVJ ingin mempersiapkan mahasiswa dengan lulusan yang siap untuk menghadapi semua era yg dijumpai. Hal ini menjadi prioritas karena masih banyak yang berfikiran bahwa kita belum memasuki era 4.0 padahal era ini merupakan jaman yang tidak bisa dihindari karena jika tidak menyiapkan dan tidak ingin mengikuti era yang ada maka rencana kedepan tidak akan berjalan maksimal. Perubahan tidak menunggu kita tetapi kita yg harus siap dan menyiapkan untuk bisa menjdi mahasiswa yang mampu bersaing di industri global” Ujarnya.

Setelah penyampaian keynote speech oleh Rektor UPNVJ seminar dilanjutkan dengan pembahasan materi dari beberapa narasumber. Dalam hal ini Intan Ahmad selaku Dirjen Belmawa menyampaikan pembahasan mengenai peluang dan tantangan perguruan tinggi dalam industri 4.0. Beliau menyampaikan “seseorang yang dapat mengikuti perubahan zaman saat ini bukan yang paling kuat dan paling hebat tetapi orang yang bisa beradaptasi. Dan saat kita bicara bela negara kita harus mengetahui posisi negara kita dan bagaimana kita bisa meningkatkan posisi negara kita agar bisa berkompetisi dengan negara lain karena jika kita mau maju kita harus tau posisi kita karena dengan itu kita bisa membuat target untuk berkompetisi” Ucapnya saat memberikan motivasi kepada mahasiswa.

Kegiatan ditutup dengan wawancara dan dilanjutkan dengan Call For Papers dimana 24 makalah yang sudah diterpilih kembali dipaparkan untuk nanti dipilih yang terbaik.

SEMINAR_NASIONAL_FEB_CALL_PAPPERS_(4).JPG  SEMINAR_NASIONAL_FEB_CALL_PAPPERS_(3).JPG

Berita Sebelumnya

Suasana Seleksi Kompetensi Bidang Dilingkungan UPNVJ

Berita Selanjutnya

Persiapan KKN Bela Negara, LPPM UPNVJ Kunjungi Lebak Banten