Dukung Revolusi Industri 4.0, UPNVJ Update Kurikulum 4.0 dan RPS Semester Ganjil 2019/2020

RPS_FIKES_(3).JPG

HumasUPNVJ - Pesatnya perkembangan dunia digital menandai masuknya Revolusi Industri 4.0. Hal ini menjadi tantangan dari para generasi muda ke depan. Karena itulah, dari sistem pendidikan juga harus mampu menyesuaikan dengan kondisi ini. Dengan dasar itu, UPN Veteran Jakarta melalui Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) mengadakan kegiatan dengan tema “Update Kurikulum 4.0 dan finalisasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Fakultas Ilmu Kesehatan Semester Ganjil TA 2019/2020” di Hotel Mercure Jakarta Selatan, pada Selasa (23/07/19).

Kegiatan yang dihadiri oleh 63 peserta ini meliputi Dekan, para Wakil Dekan dan Dosen FIKES dengan narasumber Dr. Ir. Era purewanto, Meng Staff ahli Penjamin Mutu Politeknik negeri Surabaya dan Dr. Irna Nursanti, S.Kp, M.Kep.Sp.Mat Wakil Dekan Bidang Akademik FIK UMJ / Bidang Kurikulum AIPNI.

RPS_FIKESS.JPGDalam sambutannya Dekan FIKES Wahyu Sulistiadi menyampaikan “Kita sebagai PTN harus bersyukur status PTN ini sudah berjalan 5 tahun dan pastinya Rektor UPNVJ memonitor selalu mengenai kurikulum yang sedang atau yang akan berjalan di UPNVJ. Kinerja Dekan memiliki pencapaian RPS harus 100%, untuk semester ini mata kuliah semuanya harus memiliki RPS, dan semua di kaitkan dengan 4.0 mulai dari konten, penelitian, riset dan pemberian informasi harus digitalisasi. Metode ini yang wajib kita kembangkan. Riset atau skripsi pun harus memiliki output yang bisa di aplikasikan dalam fakultas kita. Dalam  hal ini Dosen berpartisipaai tidak hanya membimbing tapi ikut dalam riset tersebut sehingga bisa mengembangkan ilmu dosen, sehingga dosen pun bisa update dengan perkembangan jaman” Ujarnya.

Sri Yani selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FIKES UPN RPS_FIKEESSS.JPGVeteran Jakarta juga menambahkan bahwa kurikulum sebelumnya sudah tersusun namun hal ini dilakukan sebagai perubahan untuk menyesuaikan era saat ini.

Sebenarnya kurikulum kita sudah tersusun namun dengan adanya penyesuaian dengan era digital saat ini, jadi jika kurikulumnya sudah berubah maka akan diikuti dengan RPS” Ujar Sri Yani.

Kegiatan ini dilakukan untuk menunjang belajar mahasiswa saat ini dan sebelumnya para dosen sudah mempersiapkan RPS, Sri Yani juga berharap proses pembelajaran di FIKES UPNVJ dapat menyesuaikan dengan era saat ini

RPS_FIKES_(1).JPG

Hal ini dilakukan karena mahasiswa-masiswa saat ini adalah mahasiswa milenial,  sebelumnya para dosen kami beri tugas untuk menyusun RPS dan disini tingga finalisasi, nantinya setiap progdi akan di pecah untuk dibentuk tim nah dari situ mereka bisa diskusi dan bisa dipaparkan juga kekita semua sebagai bahan evaluasi untuk nantinya mendapatkan hasil RPS yang di validasi. Harapan Saya proses pembelajarannya baik sesuai kemampuan mahasiswa kita dan era digital saat ini jangan sampai hasil pembelajarannya malah mengecawakan mahasiswa kita” Tutupnya.

RPS_FIKES_(2).JPG RPS_FIKESSS.JPG

Berita Sebelumnya

Tingkatkan Kompeten Dosen, UPNVJ Gelar PEKERTI 2019

Berita Selanjutnya

Peningkatan Minat Baca Anak dengan Dongeng Literasi di Desa Cimanggu