UPNVJ Siapkan Diri untuk Unjuk Karya dalam Ajang Puspiptek Innovation Festival 2019

PIF_2019_(3).JPG

HumasUPNVJ - Dalam rangka kegiatan Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2019  yang diselenggarakan oleh PUSPIPTEK Kemenristekdikti, UPN Veteran Jakarta melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melakukan rapat persiapan pelaksanaan PIF 2019 di Ruang Nusantara 1, pada Kamis (19/09/19).

Puspiptek Innovation Festival (PIF) adalah festival yang ditujukan untuk menampilkan dan membagikan informasi tentang Puspiptek, karya-karya, dan prestasi yang dihasilkan. PIF pertama kali digelar pada tahun 2017, dan pada tahun ini merupakan tahun pertama UPN Veteran Jakarta turut hadir dalam menampilkan hasil inovasi dari para dosen maupun mahasiswa. Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2019 nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 3 sampai 6 Oktober 2019 di Puspiptek Serpong Banten.

PIF_2019_(4).JPGDalam rapat persiapan ini Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati menyampaikan “Kegiatan PUSPIPTEK ini sudah menjadi kegiatan rutin tahunan dan mulai saat ini kita harus selalu berpartisipasi dalam kegiatan ini dan khususnya untuk LPPM memasukan ajang ini dalam program kerja” Jelasnya.

Rektor juga menyampaikan ajang ini harus dimanfaatkan sebagai tempat memperkenalkan hasil inovasi yang dimiliki UPNVJ tidak hanya kepada Ristekdikti tetapi kepada masyarakat luas  “Ajang ini dimanfaatkan oleh LPPM untuk memperkenalkan hasil karya ke sehingga hasil yang dicapai tidak hanya dilaporkan atau diketahui oleh Ristekdikti saja. Ajang ini, juga akan menambah wawasan bagi para peserta sehingga akan mendorong inovasi lainnya yang pastinya berbeda setiap tahunnya. Hal ini harus menjadi target LPPM untuk mendukung dan meemfasilitasi kegiatan ini setiap tahunnya. Dan Pimpinan baik Universitas maupun Fakultas sangat mendukung dengan kegiatan ini serta harapan kita juga di tahun 2020 bisa lebih banyak lagi memberikan hasil inovasi” Ujar Rektor.

PIF_2019_(2).JPG

M. Ikhsan Amar selaku Kepala Pusat Abdimas dan KKN LP2M menyampaikan terdapat 19 judul inovasi yang akan ditampilkan dalan acara Puspiptek Innovation Festival tahun ini “Kita sudah mendata dan terdapat 19 judul inovasi yang sudah pasti akan ditampilkan dalam PIF 2019. 19 Judul inovasi ini diberikan dari beberapa Fakultas, yang meliputi Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ilmu Kesehatan” Ucapnya saat menyampaikan data judul inovasi.

Salah judul inovasi yang akan ditampilkan yaitu Sociogreen Apps and Gravote Apps , perwakilan dari tim tersebut Herlambang Dwi Prasetyo dari Fakultas ilmu Komputer angkatan 2017 menyampaikan bahwa Gravote yang merupakan singkatan dari Grab Your Vote ini merupakan aplikasi yang diperuntukan dalam kegiatan pemiihan umum dengan tujuan mengurangi kegiatan pemilihan manual yang menggunakan kertas “Grab Your Vote itu aplikasi yang digunakan untuk melakukan pemilihan seperti pemilihan ketua organisasi yang sering dilakukan oleh UPNVJ, kegunaan mengurangi penggunaan kertas dalam pemilihan yang manual dan mengurangi kecurangan yang mungkin bisa dilakukan dengen mudah saat melakukan pemilihan manual” Ucap Herlambang saat diwawancarai

Tujuan utama dalam acara Puspiptek Innovation Festival ini untuk mengajak masyarakat lebih mengenal dan mencari tahu lebih jauh tentang Puspiptek dan kiprahnya pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia. Ikut bangga atas apa yang telah dihasilkan dan membagi cerita ke lingkungan sekitarnya agar menjadi inspirasi bersama. Yang pada akhirnya mendorong tumbuhnya budaya inovasi di masyarakat secara meluas.

 

 

Berita Sebelumnya

Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa, FEB Gelar Banker’s Day 2019

Berita Selanjutnya

Tingkatkan Mutu UPNVJ, LP3M Kembali Gelar Pelatihan Interprestasi ISO 21001:2018