Tingkatkan Mutu Pembelajaran Era Digital, UPNVJ Gelar Workshop Penyusunan MKWU dengan E-Learning

workshop_LP3M_(1).JPG

HumasUPNVJ - Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan Workshop bagi dosen-dosen pengampu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) pada Rabu (22/01/20) di Auditorium Bhineka Tunggal Ika UPNVJ. Acara ini merupakan kali pertama diselenggarakan LP3M dengan menghadirkan narasumber yaitu  Rangga Firdaus, M.Kom Dosen FMIPA Universitas Lampung.

Workshop yang mengundang 42 dosen MKWU ini mengangkat tema “Penyusunan Konten Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) dengan Pemanfaatan E-Learning yang Berbasis Nilai-Nilai Bela Negara”. Dalam sambutannya wakil rektor bidang akademik UPNVJ Anter Venus menyampaikan motivasi utama diadakannya kegiatan ini agar UPNVJ dapat memperkaya lingkungan belajar mahasiswa dan menciptakan lulusan yang mempunyai komitmen kenegaraan dan cinta tanah air

kita itu harus selalu berubah jadi perubahan merupakan hal yang pasti. Era digital ini luar biasa perubahannya jadi kita juga harus ikut berubah. Kita sedang merancang lulusan yang punya komitmen kenegaraan dan cinta tanah air, kita juga harus selalu memperkaya lingkungan belajar kemana kita pergi kita belajar sesuatu. dimanapun disekililing kita adalah bahan belajar. Buatlah lingkungan kampus kita adalah lingkungan pembelajaran dimana terdapat informasi-informasi yang menambah wawasan” jelasnya.

Anter Venus juga menambahkan informasi mengengenai Strategi Transformasi Pembelajaran 4.0 UPN Veteran Jakarta yang meliputi 10 strategi yang antara lain Perluasan sumber belajar, Fleksibilitas kurikulum, Konektivitas dunia kerja dan dunia pengalaman , Peragaman metode pembelajaran interaktif5, Pengayaan lingkungan belajar,  Penguatan kapasitas dan adptabilitas dosen, Fokus keterampilan abad 21, Penguatan jejaring pemeblajaran, Penguatan jaringan internet dan elearning, Pembentukan media learning center

E-Learning merupakan salah satu pendekatan tersistem yang dilakukan oleh dosen pengajar dalam proses belajar mengajar. Penggunakan e-Learning sendiri adalah salah satu media dalam pembelajaran aktif yang merupakan penerapan kurikulum pembelajaran.

workshop_LP3M_(3).JPG

Rangga Firdaus selaku narasumber menjelaskan secara lengkap implementasi apa saja yang dapat disajikan kepada mahasiswa tanpa merubah isi dari materi pembelajaran hanya merubah cara penyampaian lebih menarik dan inovatif. Tidak hanya itu narasumber juga memberikan praktik langsung kepada para dosen bagaimana memodifikasi atau membuat konten pembelajaran MKWU yang sesuai dengan era digital saat ini.

dalam hal ini para dosen mempunyai cara pandang sendiri, mempunyai kontennya sendiri dan saya hanya memastikan bahwa konten tersebut sesuai dengan e-learning harus memiliki standard atau kaidah tertentu supaya pembelajaran yang diberikan lebih interaktif, sesuai dengan revolusi dan sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga ada inovasi dari dosennya dalam pembelajaran ini” jelas Rangga saat diwawancarai.

Rangga juga menekankan tidak hanya dosen saja yang bertindak dalam hal ini, tetapi harus ada regulasi, infrastruktur dan dukungan dari universitas agar dapat terlaksana sesuai harapan, karena permasalahan utama yaitu bagaimana kita bisa menyampaikan konten yang menarik dan dapat dipahami oleh mahasiswa.

Berita Sebelumnya

Tingkatkan Kompetensi Dosen, FK UPNVJ Gelar Workshop Roadmap Penelitian

Berita Selanjutnya

Pelantikan dan Janji Dokter Muda periode ke - 59