Fisip UPNVJ Gelar Workshop Riset Indeks Kualitas Siaran Program Siaran Televisi Bersama KPI Pusat

Humas UPNVJ - Dalam rangka peningkatan kualitas siaran Televisi di Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN Veteran Jakarta bekerja sama dengan Litbang KPI Pusat, mengadakan kegiatan Workshop Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Tahun 2020 yang dimoderatori oleh Sari Wulan, Staff KPI Pusat dan juga dihadiri oleh Rektor UPNVJ, Dr. Erna Hernawati, Ak., CPMA., CA. Serta, dihadiri oleh beberapa narasumber seperti Yuliandre Darwis, Ph.D dari Komisioner KPI Pusat, Tri Rahayu dari Litbang KPI Pusat dan juga Rivai Nursetyo dari Sekretariat KPI Pusat. Workshop ini berlangsung pada 10 Juni 2020 melalui aplikasi Zoom, yang dihadiri juga oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPNVJ, bapak Dr. R. Dudy Heryadi dan diikuti sekitar 25 peserta.

Yuliandre_KPI.jpg

Workshop dibuka oleh Ibu Sari Wulan selaku moderator dengan memberikan beberapa peraturan workshop yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan paparan oleh bapak Yuliandre Darwis, yang menyampaikan pentingnya data dalam riset ini, “KPI memerlukan data khusus untuk mencapai visi dan misi KPI, demi mencapai kualitas yang sesuai dengan undang-undang penyiaran yaitu undang-undang 32 tahun 2002”. Selain itu beliau menyampaikan, “Media diharapkan bisa sesuai dengan salah satu poin didalam pasal 4, yaitu media menjadi kontrol dan perekat sosial. Dan kami berharap bapak ibu bisa menilai secara objektif bukan subjektif dari tayangan-tayangan televisi”. “Perguruan tinggi negeri diharapkan dapat menyuarakan banyak program televisI yang berkualitas” lanjutnya. Dalam penutup paparannya beliau menyapaikan “Masyarakat harus tahu bahwa ada perubahan, dan kami mengahrapkan UPNVJ dapat mengawal riset ini baik untuk internal maupun ekstrnal”.

Rektor_UPNVJ.jpg

Setelah paparan dari bapak Yuliandre, workshop dilanjutkan dengan sambutan dan paparan oleh Rektor UPNVJ, yang menyampaikan bahwa UPN Veteran Jakarta bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan riset ini. “Kami betul-betul sepenuh hati untuk memberikan yang terbaik dalam riset ini, dan semoga dapat menjadi acuan untuk seluruh jajaran kita, serta kegiatan riset ini dapat sejalan dengan pencapaian visi misi UPNVJ yaitu bela Negara.” Rektor juga memaparkan hasil riset dan target kualitas penyiaran program televisi di wilayah Jakarta bahwa rata-rata indeks mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. “Kami berharap hasil riset kedepan tidak hanya dilaporkan, namun juga dapat ditindak lanjuti di ranah perguruan tinggi, untuk memonitoring seperti indikator atau regulasi penyiaran”. Dalam akhir paparannya, Rektor UPNVJ menyampaikan, “Kami tentunya sebagai perguruan tinggi, memiliki sumber daya mahasiswa sebesar 10 ribu mahasiswa dan juga dosen sekitar 760 dosen termasuk dosen tidak tetap, serta lokasi kami tetunya yang berada di Jakarta, merupakan potensi untuk melakukan percepatan target dalam bentuk sosialisasi kepada mahasiswa yang juga nantinya dalam prosesnya dibutuhkan bantuan dari KPI juga untuk menyampaikan hal terkait seperti dampak-dampak dari televisi di kampus”.

Workshop dilanjutkan paparan oleh ibu Dewi Sri Setyaningsih dari Ditpolkom Bappenas, yang menyampaikan beberapa hal seperti rancangan-rancangan RPJPN dan juga RPJMN tahun 2020-2024 yang berkaitan dengan Kemkominfo dan KPI sebagai mitra Bappenas. Kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh bapak Rivai Nursetyo terkait dengan hal pelaksanaan riset penyiaran televisi. Dalam paparanya, Pak Rivai menyampaikan rasa apresiasi untuk UPN Veteran Jakarta dalam memberikan partisipasinya pada riset ini. Selain itu, pak Rivai juga menjelaskan peranan penting Sekretariat KPI Pusat yang bertugas untuk melaksanakan pelayanan teknis administratif kepada KPI pusat. Kegiatan workshop ini kemudian dilanjutkan oleh ibu Tri Rahayu untuk pemaparan pelaksanaan riset. Dalam paparanya, beliau menyampaikan beberapa hal seperti prinsip-prinsip pentingnya riset yaitu transparasi, partisipasi dan juga pemberdayaan. Kemudian disampaikan juga dalam paparannya,  konsep-konsep kualitas riset serta disampaikan teknis-teknis pelaksanaan riset seperti pembagian kategori dan klustering dalam beberapa kelompok.

Kegiatan Workshop ini dilanjutkan dan diakhiri dengan sesi Tanya jawab oleh para peserta.

Berita Sebelumnya

Kunjungan GIZ ke UPNVJ

Berita Selanjutnya

Menilik Skenario “New Normal” UPN Veteran Jakarta