Rektor UPNVJ : Pelaksanaan UTBK 2020 Utamakan Protokol Kesehatan New Normal

UTBK_2020_REKTOR_UPNVJ_(6).JPG

HumasUPNVJ - Waktu yang ditunggu-tunggu peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akhirnya datang juga, hari ini 5 Juli 2020 merupakan hari pertama pelaksanaan UTBK 2020.

UPN Veteran Jakarta tahun ini kembali menjadi pusat pelaksaan UTBK dengan jadwal pelaksanaan dua tahap, tahap I digelar pada 5 sampai 14 Juli dan tahap II pada 20 hingga 29 Juli 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya, seluruh pusat UTBK tahun wajib menyiapkan protokol kesehatan era new normal.

Mulai dari wajib menggunakan masker dan sarung tangan, sebelum memasuki ruang ujian peserta wajib melakukan pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan serta tetap jaga jarak menjadi syarat utama peserta UTBK untuk memasuki lokasi ujian.

Dengan protokol kesehatan yang diberlakukan saat ini, secara teknis pelaksanaan UTBK tahun  ini memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari jarak antara peserta saat diruang tunggu maupun saat pelaksaan ujian.

UTBK_2020_REKTOR_UPNVJ_(2).jpg

Dalam hal ini Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati menyampaikan perbedaan teknis yang dilakukan UPNVJ selaku pusat UTBK dalam kondisi new normal. Pihak universitas sangat memperhatikan beberapa protokol kesehatan sesuai dengan yang diberlakukan.

“Standart kesehatan UPNVJ mengacu pada pedoman protokol kesehatan panitia pusat LTMPT, kami juga menghimbau sebelum datang ke kampus wajib mengenakan masker dan membawa sarung tangan. Lalu setelah datang kita melakukan pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan, begitu mereka menuju ruang ujian pun kita menyediakan ruang tunggu yang kami perhatikan jarak duduk antara peserta satu dan lainnya. Ruang kelas yang kami sediakan juga telah kami sterilkan dengan penyemprotan disinfektan oleh petugas dan peserta kami beri sarung tangan sebelum ujian dimulai” jelas rektor saat diwawancarai.

Ada dua lokasi kampus UPNVJ yang menjadi lokasi penyelenggaraan UTBK 2020. Pertama, Kampus Pondok Labu UPNVJ beralamat di Jalan RS Fatmawati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Kedua, Kampus Limo UPNVJ beralamat di Jalan Limo Cinere, Jakarta Selatan.

Untuk kapasitas peserta kampus pondok labu memiliki kapasitas 360 peserta dan kampus Limo 100 peserta dengan pelaksanaan dua sesi dalam sehari berarti total peserta dalam sehari berjumlah 920 orang.

Dari pemantauan pelaksanaan UTBK hari pertama, tidak memiliki kendala berarti walaupun sistem memiliki kendala diawal waktu ujian, namun itu tidak menghambat jalannya ujian secara keseluruhan.

UTBK_2020_REKTOR_UPNVJ_(3).jpg

Salah satu peserta UTBK dengan domisili Jakarta Timur mengatakan ujian yang dilaksanakan berjalan lancar tidak ada kendala yang berarti.

“Alhamdulillah tadi berjalan lancar, tidak ada kendala server saat berlangsung. Arahan pengawas juga cukup jelas dan pelaksanaan UTBK di UPNVJ sudah sangat sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, sehingga kita peserta merasa aman nyaman”.

Perlu diketahui dengan kondisi pandemi covid 19 saat ini, peminat pendaftar UPNVJ tidak banyak perbedaan dari tahun sebelumnya.

“Melihat dari pengalaman SNMPTN animo kita tidak berbeda jauh dari tahun lalu, masih tidak ada perubahan yang signifikan” ujar rektor.

Berita Sebelumnya

Lokakarya Kurikulum Program Diploma Tiga UPNVJ

Berita Selanjutnya

Strategi Program Diploma UPNVJ Bertransfornasi Menjadi Sepenuhnya Vokasional