Membanggakan, D3 Akuntansi UPNVJ Raih Akreditasi A

AKREDITASI_FEB_2020_(2).JPG

HumasUPNVJ - Setelah melalui proses visitasi reakreditasi Program Studi Akuntansi Program Diploma Tiga (D3 Akuntansi) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang dilakukan secara daring pada Kamis, 03 September 2020 lalu. FEB berhasil mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang ditetapkan pada Rabu, 23 September 2020 kemarin.

Dengan kondisi pandemi saat ini proses reakreditasi harus dilakukan secara daring untuk menghindari pertemuan tatap muka. Hal ini merupakan pengalaman pertama bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Walaupun sudah dipersiapkan semaksimal mungkin tidak sedikit kendala dialami selama proses visitasi reakreditasi. Dalam hal ini Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Dr. Dianwicaksih Arieftiara menyampaikan laporannya saat dilakukan wawancara oleh tim humas UPNVJ.

“Reakreditasi D3 Akuntansi ini proses panjang, D3 Akuntansi memulai proses submit Maret 2019, memanfaatkan peluang terakhir akreditasi dengan 7 standar. Kemudian awal 2020 prodi harus mengupdate data ke TS terakhir 2018/2019 yang dipersiapkan data sesuai instrumen borang dari standar visi misi, tata kelola, mahasiswa dan lulusan, SDM, kurikukum, pembiayaan sarana dan prasarana, penelitian dan pengabdian masyarakat” jelas Dr. Dianwicaksih.

AKREDITASI_FEB_2020_(1).JPG

Bisa terlaksananya visitasi reakreditasi dengan hasil memuaskan ini juga memiliki banyak dukungan dari berbagai pihak baik dari dari internal UPN Veteran Jakarta maupun dari eksternal atau perguruan tinggi lain yang lebih berpengalaman.

“Sampai ada pengumuman D3 Akuntansi akan di visitasi secara daring pada tanggal 3-4 september 2020 lalu. Untuk visitasi daring kami dibantu oleh LP3M mempersiapkan ini, dengan mengikuti bimtek oleh Ban-PT. Kami juga menggali informasi kepada rekan-rekan prodi di Perguruan Tinggi lain yg kebetulan juga telah dulu mengalami visitasi secara daring. Kami juga melakukan simulasi visitasi daring melibatkan reviewer internal (LP3M) dan reviewer eksternal atau rekan sejawat dari perguruan tinggi lain” tutur Dr. Dianwicaksih.

Dalam reakreditasi FEB tahun ini visitasi dilakukan oleh beberapa asesor dari BAN-PT yang antara lain Theresia Tyas Listyani, SE., M.Si dari Politeknik Negeri Semarang dan Drs. Dul Muid, M.Si., Akt dari Universitas Diponegoro.

Sebelumnya, tim FEB telah menyiapkan dokumen borang dengan 7 standar secara digital, semua dokumen di scan dan disimpan dengan rapih dengan menggunakan media penyimpanan digital (Google Drive).

Dr. Dianwicaksih juga menjelaskan indikator penilaian apa saja yang wajib tim FEB sediakan sebagai bahan reakreditasi.

“Indikator penilaian sesuai dengan matriks dari BAN-PT, penilaian atas data kuantitatif contohnya ratio dosen dan mahasiswa, jumlah penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat, kualitas sarana dan prasarana dsb. saat visitasi kami diminta menunjukkan bukti-bukti apa yang kami tulis baik di borang atau Laporan Evaluasi Diri” jelasnya.

Pengalaman pertama Dr. Dianwicaksih sebagai dekan FEB untuk melakukan reakreditasi yang juga pertama kali dilakukan secara daring. Bukan hal yang mudah namun Dr. Dianwicaksih optimis  dengan solidaritas dan dedikasi tim FEB ini menjadi kekuatan utama bisa tercapainya target yang diinginkan.

“Pelaksanaan visitasi asesor dilakukan secara daring, ini pengalaman pertama di FEB maupun di UPNVJ.  Tim FEB sangat solid dan dedikasi waktu dan tenaga luar biasa, ini kekuatan FEB. Kendala adalah saat hari pertama jaringan internet di UPN sempat terganggu, sehingga break 15 menit, namun TIM TIK sigap membantu. Sehingga internet lancar sampai penutupan visitasi. Selain itu tidak ada kendala berarti. Ada yang berbeda adalah kami tidak bisa melakukan penjajagan kepada asesor seperti visitasi offline. Alhamdulillah asesor sangat kooperatif dengan PIC akreditasi dalam hal berkomunikasi via Whatsapp. Secara keseluruhan proses visitasi daring sangat lancar” ucap Dr. Dianwicaksih.

AKREDITASI_FEB_2020_(5).JPG

Dr. Dianwicaksih juga menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas apa yang diraih serta memberikan motivasi ke fakultas lain untuk bisa mencapai target yang diinginkan untuk bersama meraih prestasi untuk UPN Veteran Jakarta.

 “Hasil ini menjadikan booster semangat kami. Dalam waktu dekat kami akan menghadapi visitasi daring D3 Perbankan dan Keuangan. Semoga proses ya lancar dan mudah serta hasilnya sama dengan D3 Akuntansi yaitu A. Mohon doa restu dari semua. Semoga semua fakultas di UPNVJ dapat terus bersemangat memberikan yg terbaik, Akreditasi ini adalah persembahan Fakultas kepada mahasiswa, wujud komitmen pengelola (UPPS) terhadaps mahasiswa, dengan segala keterbatasan sumber daya yang kita miliki, semangat satu rasa satu visi dan tujuan seluruh anggota Fakultas sangat memegang peran penting” pesan Dr. Dianwicaksih.

Diharapkan dengan hasil yang diraih oleh D3 Akuntansi Fakultas ekonomi dan Bisnis ini bisa memacu seluruh sivitas akademika UPN Veteran Jakarta untuk mendapatkan predikat A untuk akreditasi setiap fakultas maupun universitas. 

IMG_9321.JPG

 

Berita Sebelumnya

Rapat Penyusunan Data Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan UTBK – SBMPTN UPNVJ 2020

Berita Selanjutnya

FIKES UPNVJ Gelar International Conference on Health Development Series 1