"Peran Generasi Muda Sebagai Agent of Change Dalam Mencapai Era Society 5.0", Tema PIMVJ 2020

WhatsApp_Image_2020-11-25_at_18.31.41.jpeg

HumasUPNVJ - Melalui Society 5.0, kecerdasan buatan yang memperhatikan sisi kemanusiaan akan mentransformasi jutaan data yang dikumpulkan melalui internet pada segala bidang kehidupan.  Generasi muda Indonesia, dalam hal ini, berperan sebagai masyarakat yang mengaplikasikan roadmap tersebut. Generasi muda harus siap menghadapi Era Society 5.0 di Indonesia dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada karena SDM dalam negeri tak kalah berkualitas dengan SDM luar negeri, juga diharapkan dengan adanya Society 5.0 ini dapat mengembangkan SDM di negara Indonesia, melihat masih adanya kesenggangan SDM di berbagai bidang. Society 5.0 sebagai komplemen Revolusi Industri 4.0, perlu diarahkan pada peran generasi muda untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang. Generasi muda memiliki perilaku kreatif dan inspiratif, cenderung membangun pola kerja mereka dengan keterampilan interpersonal yang kuat,. Generasi muda yang kreatif, inovatif dan produktif, sejak dini perlu diperkaya dengan keterampilan soft skill yang tertuang dalam Society 5.0. Tentu kemampuan paripurna tersebut diharapkan berhasil memenangkan persaingan di Era disruptif dan dunia tak berbatas. Untuk itu, Badan Eksekutif Mahasiswa UPN Veteran Jakarta (BEM UPNVJ) menggelar Webinar Nasional yang bertajuk “Peran Generasi Muda Sebagai Agent of Change Dalam Mencapai Era Society 5.0” (1/12/20). Webinar ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Intelektual Mahasiswa Veteran Jakarta 2020 (PIMVJ 2020).

Kegiatan ini sebagai puncak acara sekaligus penutupan rangkaian acara PIMVJ 2020. Dengan menghadirkan pembicara dan pemerhati revolusi industri atau Era Society 5.0, diharapkan mahasiswa/i yang terlibat dalam kegiatan ini tidak berhenti untuk berkontribusi pada bangsa dan negaranya, tetapi terus termotivasi dan memiliki semangat untuk mencapai Era Society 5.0. Kegiatan ini dilaksanakan secara online menggunakan media video conference yang dihadiri oleh tiga narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing, diantaranya; Dr. Miguna Astuti - Dosen UPNVJ membahas mengenai Peluang Inovasi Digital Kreatif Dalam Masa Saat Ini, Yuliandre Darwis, M.Mass.Comm, Ph.D – Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat membahas mengenai Menumbuhkembangkan Inovasi Dalam Dunia Ekonomi Kreatif , Rizky Emirdhani Utama - Government Relations Specialist at PT Jakarta Propertindo (Perseroda) membahas mengenai Implementasi Peran Anak Muda Dalam Menghadapi Perubahan Menuju Era Society 5.0 serta dipimpin oleh moderator Disa Prihantini selaku Humas UPNVJ, kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa UPNVJ dan mahasiswa dari beberapa kampus lain.

Target yang ingin dicapai diantaranya yaitu untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa/i tentang pengertian dan pentingnya inovasi digital di masa sekarang, Menumbuhkembangkan potensi dan inovasi mahasiswa/i dalam dunia ekonomi kreatif, dan tentunya untuk Meningkatkan pemahaman mahasiswa/i dalam menghadapi perubahan menuju Era Society 5.0.

Kegiatan berlangsung pada pukul 09:00 sampai dengan pukul 15:00 dan diakhiri dengan sesi diskusi.

 

DFC521ED-16AC-40E6-9F57-73911CDF829D.png

 

 

 

 

Berita Sebelumnya

Tim Dosen UPNVJ Membuat Program Produk Teknologi yang di Diseminasikan Kepada Masyarakat

Berita Selanjutnya

Fakultas Hukum UPNVJ Gelar Konferensi Internasional, Angkat Tema Contemporary Issues on Family Law