UPN Days: German Centre UPNVJ Pererat Hubungan Dengan Jerman melalui “German Festival”

German_Center_UPNVJ_IMG_4012.JPG

 

HumasUPNVJ - German Centre kembali menyelenggarakan acara menarik pada Jumat, 25 Maret 2022 di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan yang terselenggara dengan cukup baik ini merupakan hasil kolaborasi antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Kantor Urusan Internasional (KUI) di kawasan Universitas Pembangunan Veteran Jakarta serta GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit) dalam rangka memeriahkan UPN Days.

Acara yang dikemas ke dalam bentuk festival ini menghadirkan beberapa rangkaian acara mulai dari pemutaran film, pameran foto, dan puncaknya diisi dengan talkshow dengan mengusung tema budaya dan lingkungan Jerman dan Indonesia. Lebih spesifik lagi, para narasumber yang hadir fokus pada pembahasan mengenai eksplorasi Indonesia-Jerman dalam aspek akademi dan juga kewiraswastaa

Dr. Bambang Susanto, M.A selaku Kepala KUI dan juga Direktur German Centre UPN Veteran Jakarta ditengah-tengah sambutannya mengharapkan dukungan secara berkelanjutan dari Duta Besar Ina Lepel, GIZ, DAAD (Layanan pertukaran akademik ke Jerman), SES (lembaga Jerman yang mengirim tenaga ahli ke seluruh dunia), Goethe Institute dan Yayasan dan Lembaga Jerman, Diaspora Indonesia dan Alumni Jerman. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan kegiatan German Center di UPN Veteran Jakarta dapat terus dilakukan baik secara daring maupun luring.

German_Center_UPNVJ_IMG_3768.JPG

Bambang melaporkan rencana selanjutnya yang akan di lakukan German Centre selain kegiatan rutin yaitu akan dilakukan penyusunan buku dan mengadakan pertemuan khusus tentang keberlanjutan, lingkungan dan perubahan iklim yang akan diadakan sebelum implementasi G-20 di Bali. Apabila memungkinkan UPNVJ Pusat Jerman dapat melakukan kunjungan ke Jerman demi untuk memiliki, memahami, memperluas dan mengembangkan jaringan dengan berbagai institusi di Jerman itu sendiri.

Duta Besar German untuk Indonesia, Ina Lepel, pun menyambut kegiatan festival dan eksibisi ini dengan antusias. Ina yang hadir secara daring mengungkapkan apresiasi terhadap German Centre UPN Veteran Jakarta yang terus menyelenggarakan kegiatan guna mempererat hubungan antara Indonesia dan Jerman khususnya pada bidang akademi, budaya, dan lingkungan.

Ina menyatakan berkeinginan untuk mengenal dan memahami Indonesia lebih jauh lagi lewat kegiatan-kegiatan yang digagas oleh German Centre UPN Veteran Jakarta. Mewakili Jerman, Ina juga menyampaikan keterbukaan dalam hal kerja sama antara UPN Veteran Jakarta dan universitas di Jerman dalam bidang akademik, atau pun kerjama sama dalam bidang lainnya.

Selain menghadirkan Direktur German Centre UPN Veteran Jakarta dan Dubes Jerman, ada beberapa pihak yang berpartisipasi dalam German Festival ini antara lain pimpinan universitas, dosen, mahasiswa UPN Veteran Jakarta dan universitas lainnya, diaspora Indonesia di Jerman, alumni Jerman, peserta GIZ, DAAD, dan SES dari negara lain.

German_Center_UPNVJ_IMG_3957.JPG

Berita Sebelumnya

Tiga Dosen Fakultas Hukum Terpilih Menjadi Anggota Senat UPNVJ

Berita Selanjutnya

Dirjen Diktiristek Resmikan Gedung Baru Fakultas Kedokteran