KSR PMI UPNVJ, Beri Penyuluhan Kesehatan Kampung Lio, Depok

PMI_UPNVJ_IMG-20220928-WA0002.jpg

HumasUPNVJ - Telah diselenggarakan kegiatan Desa Binaan KSR PMI Unit UPN “Veteran” Batch 1 dan 2 Jakarta 2022 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa KSR PMI Unit UPN "Veteran" Jakarta secara luring yang bertempat di RT 02 RW 19 Kampung Lio, Depok. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 dan 24 September 2022.

Kegiatan Desa Binaan Batch 1 berlangsung pada hari Sabtu, 17 September 2022 dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB dengan mengusung tema yaitu “Membangun Masyarakat Cerdas dengan Lingkungan Sehat ". Pada kegiatan Desa Binaan Batch 1 ini dihadiri oleh Pembina KSR PMI UPN "Veteran" Jakarta, Perwakilan Pejabat Daerah Kampung Lio yaitu Ketua RT 02 dan RW 19  Perwakilan Dewan Penasihat , dan Warga RT 02 RW 19 Kampung Lio, Depok.Tujuan dari kegiatan ini adalah mempersiapkan masyarakat agar memiliki ilmu pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai kesehatan. 

Dalam kegiatan ini para warga diberikan pre test terlebih dahulu tentang pengetahuan seputar hipertensi, kolesterol. dan diabetes. Setelah dilakukan pre test dimulai pemaparan materi seputar hipertensi, kolesterol. dan diabetes, diberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya mengenai seputar materi yang sudah disampaikan. Dilakukan Ice Breaking untuk menyegarkan pikiran para peserta, lalu diadakan post test untuk mengevaluasi pengetahuan para peserta setelah diberikan pemaparan materi, untuk penutupan disediakan skrinning kesehatan kepada para warga seperti mengecek tekanan darah, cek kolesterol, dan cek gula darah.

Kegiatan Desa Binaan Batch 2 berlangsung pada hari Sabtu, 24 September 2022 dimulai pukul 08.00-12.00 WIB dengan mengusung tema “ Meningkatkan Pemahaman Manajemen dan Mitigasi Bencana di Kalangan Masyarakat”. Pada kegiatan Desa Binaan Batch 2 ini dihadiri oleh Perwakilan kemahasiswaan UPN “Veteran” Jakarta , Pejabat Daerah Kampung Lio yaitu Ketua RT 02, dan Warga RT 02 RW 19 Kampung Lio, Depok. Tujuan dari kegiatan ini adalah ilmu pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai bencana di kalangan masyarakat.

Kegiatan Desa Binan Batch 2 ini diawali dengan registrasi, pembukaan oleh MC, pemaparan materi pertama tentang pola hidup bersih dan sehat. Lalu, peserta melakukan demonstrasi cara mencuci tangan. Setelah itu, dimulai pemaparan materi kedua seputar banjir dan sampah. Dilakukan games untuk mencairkan suasana dan merefresh pikiran para peserta, lalu pembagian hadiah kepada peserta yang menang pada sesi games. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama, penutupan, pembangian souvenir, dan penyerahan bak sampah secara simbolis dari KSR PMI unit UPN “Veteran” Jakarta pada kegiatan Desa Binaan 2022. Setelah dilakukan penutupan dan serah terima bak sampah, perwakilan KSR PMI unit UPN “Veteran” Jakarta membantu ketua RT 02 RW 19 meletakkan bak sampah di beberapa titik lingkungan setempat.  

Melalui kegiatan Desa Binaan Batch 1 dan 2 ini diharapkan seluruh warga RT 02 RW 19 Kampung Lio, Depok dapat memahami definisi dari penyakit yang dipaparkan, penyebab, factor resiko, penatalaksanaannya, serta mampu melakukan manajemen pencegahan bencana.

 

Berita Sebelumnya

Delegasi Kazakh Ablai Khan University Kunjungi UPNVJ

Berita Selanjutnya

Direktur Pusdik Pol Air bersama Siswa Dikbangspes Selam Polri Kunjungi Fasilitas Hiperbarik UPNVJ