Resmi Dibuka, Mahasiswa UPNVJ Antusias Ikuti KMI EXPO KE XIII

WhatsApp_Image_2022-11-23_at_12.07.10_PM.jpeg

HumasUPNVJ - Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia kembali digelar mulai tanggal 22 – 25 November 2022, KMI Expo ke XIII dilaksanakan di UPN “Veteran”Jawa Timur yang berlokasi di kota Surabaya, dengan mengusung tema “Entrepreneur Change to Good Life”, diikuti 235 Universitas dari seluruh Indonesia. KMI adalah acara puncak Kewirausahaan PPMW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) dan IWDM (Inovasi Wirausaha Digital Indonesia). KMI Expo kali ini memiliki beberapa rangkaian acara diantaranya KMI Awards, Gelar Produk, PWMI AwardsStart-upSummit serta ada  Lomba pendukung yaitu Poster Katalog Usaha, Bussines Model Canvas, Mading 3D Kewirausahaan, Funny Promotion Social Media, ada juga seminar dan talkshow Kewirausahaan dengan para narasumber profesional. (22/11/2022)

KMI Expo ke XIII dibuka oleh Koordinator Kemahasiswaan Belmawa Kemendikbud RI, Sukino S.Pd, M.A.P di Gedung Giriloka UPNVJT. Acara pembukaan dimeriahkan dengan modern danceMarching Band dan Parade Devile dari perwakilan masing-masing universitas yang mengikuti KMI 2022. UPNVJ sendiri mengirimkan empat kelompok usaha, yaitu Vilitera yang mendapat pendanaan PPMW serta Lolos ke KMI AwardsPaperoid tim yang lolos pendanaan PPMW 2022, Noble dan Amara Frozen tim yang lolos pendanaan KKWP 2022.

Vilitera merupakan usaha dibidang jasa dan keuangan yaitu manajemen artis virtual yang fokus ke seniman bertema Jepang, Paperoid usaha dibidang industri kreatif yang membuat jurnal, notebook dan seni kertas, kemudian Noble industri kreatif yang membuat sendal batik yang unik, terakhir Amara Frozen usaha makanan dan minuman frozen dan juga cake. Pembina Kewirausahaan UPNVJ, Catur Nugrahaeni dalam wawancaranya, berharap tim UPNVJ dapat meraih kemenangan pada KMI ke XIII, selain itu, harapan Catur agar KMI bisa menjadi ajang para mahasiswa untuk belajar dan mencari relasi untuk membangun jiwa wirausaha, atau mungkin berkolaborasi dengan mahasiswa kampus lain diberbagai daerah di Indonesia.

IMG_0221.JPG

Salah satu peserta dari UPNVJ, Nurul Tsamara Arifin yang saat ini semester 4, dengan bersemangat dia ingin mengikuti KMI Expo tahun depan dan akan mempersiapkan usahanya lebih matang lagi agar nantinya bisa lolos dan menang KMI 2023.

Acara KMI Expo 2022 sebagai acara tahunan dari Kemendikbud Ristek mendapat antusiasme tinggi, baik dari mahasiswa maupun dari pembimbing, para kontingen lomba sudah hadir di Surabaya untuk mempersiapkan stand sejak Minggu, 20 November 2022. Meskipun ada beberapa kendala karena cuaca yang kurang mendukung sehingga terjadi banjir di lokasi pameran, tetap tidak mengurangi semangat para peserta untuk mengikuti acara KMI Expo yang akan berakhir pada Jumat, 25 November 2022.

Selain Pameran Produk mahasiswa juga bisa mengikuti seminar dan talkshow kewirausahan serta ada Sarasehan  Indonesia Student Entrepreneurship Network (ISEN), para pembimbing juga ada kegiatan sarasehan Pendamping dan Pengelola Kewirausahaan Mahasiswa, sehingga baik mahasiswa maupun pembimbing dan pembina dapat saling berbagi informasi tentang Kewirausahaan di kampus masing-masing.

IMG_0271.JPG

Berita Sebelumnya

Anter Venus Pimpin langsung Rapat Pimpinan Perdana Sebagai Rektor

Berita Selanjutnya

UPNVJ Berkolaborasi dengan TAGANA IKAUPNVJ Peduli Korban Gempa Cianjur