Universitas Ritsumeikan dan UPNVJ Implementasikan Pertukaran Pengajaran Online

HumasUPNVJ - Universitas Ritsumeikan dan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta melakukan program pertukaran pengajaran inovatif secara online pada Kamis, 16 November 2023. Inisiatif kolaboratif ini diwakili Asisten Profesor Saori Hagai dari Universitas Ritsumeikan dan Muhammad Kamil Ghiffary dari UPNVJ.

Program ini merupakan implementasi kesepakatan antara kedua institusi yang bertujuan mendorong dialog akademik internasional dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai jembatan dialognya.

Sebagai bagian dari pertukaran, Asisten Profesor Saori Hagai menyampaikan serangkaian kuliah mengenai konsep "Dark Tourism." Diskusinya menggali mengenai bagaimana beberapa destinasi wisata, meski berakar pada peristiwa bersejarah tragis, memainkan peran penting dalam masyarakat serta memberikan kontribusi pada pendidikan dan sensitivitas sosial.

Muhammad Kamil Ghiffary sebagai perwakilan UPNVJ membahas topik yang sangat relevan dengan generasi saat ini: Keamanan Manusia (Human Security) di aktivitas dan domain siber di media sosial.

Presentasinya menyoroti bagaimana media sosial memengaruhi keamanan dan privasi individu, serta dilema dan tantangan yang dihadapi dalam menjaga keamanan informasi dan data pribadi di era digital.

Program pertukaran pengajaran Universitas Ritsumeikan dan UPNVJ menandai langkah penting dalam kerja sama pendidikan internasional, yang menunjukkan komitmen kedua universitas dalam memperluas wawasan serta pengetahuan mahasiswa masing-masing.

Dengan menggabungkan keahlian dan perspektif dari kedua institusi, program ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar unik dan berharga bagi para mahasiswa di kedua universitas.

Berita Sebelumnya

DPD RI Gelar FGD Seputar Pedoman Fungsi Pengawasan di UPNVJ

Berita Selanjutnya

Universitas Bengkulu Beri Pembelajaran Bibliometrika kepada Mahasiswa Sains Informasi UPNVJ