Diskusi Virtual UPNVJ dan CMC Filipina Bahas Peluang Penjajakan Kerja Sama

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) senantiasa mengupayakan penguatan jejaring kerja sama luar negeri untuk meningkatkan elemen internasionalisasi

Sebagai tindak lanjut upaya tersebut, KUI UPNVJ mengadakan diskusi virtual dengan Central Mindanao Colleges (CMC) Filipina untuk membahas peluang penjajakan kerja sama beserta implementasi pada Selasa, 2 April 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Dr. Bambang Susanto, MA., Kepala KUI UPNVJ; Aditya Arhammar Didi Riyanto sebagai Staf KUI UPNVJ; Ananda Govinda sebagai pemagang KUI UPNVJ; Dr. Fitria Ayuningtyas sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPNVJ; Musa Maliki, PhD. sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISIP UPNVJ; dan Dr. Miguna Astuti sebagai Kepala Sub KUI FEB UPNVJ.

Sementara dari CMC dihadiri Mr. Mark Genesis, Director of Center for International Affairs and Linkages; dan Mr. John Rowuel, Ms. Angilica Gallano, Ms. Gretchen Chavez sebagai Staf Center for International Affairs and Linkages.

Perwakilan dari CMC, Mr. Mark Genesis, memaparkan profil singkat CMC yang meliputi program studi dan sejumlah kegiatan yang telah diselenggarakan. CMC menyampaikan bahwa mereka tertarik melaksanakan program pertukaran mahasiswa dan dosen dengan UPNVJ.

WhatsApp_Image_2024-04-03_at_11.40.50_AM.jpeg

Dijelaskan bahwa CMC memiliki program khusus untuk menerima dan mengirim mahasiswa dari dan ke luar negeri untuk pelaksanaan pertukaran, penelitian, atau mengajar. Kepala KUI menyambut baik penawaran program tersebut.

"UPNVJ menyambut baik kerja sama ini dengan CMC. Kami berharap kolaborasi internasional seperti ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan dosen dalam meningkatkan kualitas dan jejaring internasional," kata Dr Bambang Susanto.

"Sebagai program awal, dapat dilakukan guest lecture di bulan Mei atau Juni 2024 dan UPNVJ dapat menerima mahasiswa CMC pada semester ganjil 2024/2025," lanjutnya.

Dr Bambang Susanto berharap agar fakultas-fakultas di UPNVJ dapat menjalin program kerja sama dengan fakultas atau program studi terkait di CMC melalui pilot project mau pun Implementation Agreements (IA).

Perwakilan fakultas UPNVJ, seperti Dr Fitria Ayuningtyas, menyampaikan bahwa FISIP UPNVJ tertarik melaksanakan sejumlah program gabungan seperti visiting lecture dan joint research and publication. FISIP UPNVJ juga menawarkan CMC untuk menyelenggarakan kegiatan konferensi internasional terkait jurnal penelitian atau tema-tema tertentu pada Agustus atau September mendatang.

Kepala Sub-KUI FEB menyampaikan minat Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ untuk menjalin sejumlah program kerja sama dengan CMC. FEB UPNVJ menawarkan program summer course, visiting lecture, reviewer atau editor pada salah satu jurnal FEB UPNVJ, dan kolaborasi dalam kegiatan Jakarta Economic Sustainability International Conference Agenda (JESICA), khususnya dengan mengundang pakar dari CMC sebagai pembicara.

Sebagai tindak lanjut, UPNVJ akan mengirim kerangka nota kesepahaman (MoU) yang telah dirancang UPNVJ kepada CMC. Nantinya, akan dibahas kembali peluang penandatanganan MoU secara virtual atau desk-to-desk, sementara penandatanganan resminya dapat dilakukan dalam kunjungan Rektor UPNVJ ke Filipina. (*wit/HumasUPNVJ)

Berita Sebelumnya

Boao Forum for Asia: Dosen UPNVJ Serukan Keseimbangan di Laut China Selatan

Berita Selanjutnya

UPNVJ Terima Visitasi Lapangan Tim Penilai PPD 2024, Depok Masuk Nominasi