Kisah Muhammad Azka, Mengikuti Lomba demi Ongkos Pergi ke UPNVJ

HumasUPNVJ - Berawal dari sekadar mencari pemasukan tambahan demi ongkos pergi ke kampus Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, Muhammad Azka Syafrizal mengikuti beberapa perlombaan. Tidak disangka, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPNVJ itu berhasil menjadi juara.
Berbagai pencapaian tersebut berhasil menjadikan Azka sebagai salah satu penerima Penghargaan Karya Mahardika di acara Wisuda ke-72 UPNVJ di Jakarta Convention Center pada Sabtu, 20 April 2024. Ia mengatakan rangkaian kemenangan ini bukan sesuatu yang direncanakan dan terjadi begitu saja dalam hidup.
Di antara semua pencapaian Azka, ada dua yang paling berkesan. Pertama, pada bidang keorganisasian, ia dipercaya menjadi Wakil Ketua BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ merupakan hal yang tak terlupakan.
"Saya menahkodai kapal besar dengan riuh badai yang hebat adalah petualangan paling mengesankan dalam hidup saya. Banyak pelajaran yang didapat, dan dinamikanya membentuk saya menjadi manusia yang lebih tegar dan bijaksana dalam memandang hidup," ucap Azka.
"Satu hal yang pasti. Seriuh apa pun itu, badai pasti akan berlalu," sambungnya.
Kedua, lanjut Azka, adalah meraih juara ke-3 XL Future Leaders sebagai perwakilan BEM FEB UPNVJ pada program inkubasi organisasi se-Indonesia. Menurutnya, penghargaan ini bukan tentang pencapaian pribadi, tetapi juga catatan membanggakan untuk BEM FEB UPNVJ.
UPNVJ disebutnya berhasil meraih penghargaan tersebut di level nasional melawan ratusan organisasi dari berbagai universitas besar di Indonesia.
Tentu, dalam mendapatkan berbagai pencapaian tersebut, banyak hal yang dilalui Azka. Memasuki masa perkuliahan di tengah pandemi merupakan hal berat, kenangnya.
"Orang tua saya harus terkena PHK. Lebih jauh dari itu, kedua orang tua saya juga harus berpisah karena satu dan lain hal. Mungkin seperti krisis multidimensional, sudah jatuh tertimpa tangga pula," ujar Azka.
Di tengah keadaan seperti itu, Azka mengaku segan meminta uang kepada orang tua untuk ongkos berangkat ke kampus atau sekadar bertemu teman-teman kuliah. Namun, ia merasa hidup harus tetap berjalan, sesuai dengan semangat, "seriuh apa pun badainya, kapal harus tetap berjalan untuk sampai tujuan."
Memutar otak untuk menambah pemasukan agar mendapatkan ongkos ke kampus, Azka pun mulai mengikuti berbagai perlombaan. Seperti janji Tuhan, bersama kesulitan, ada kemudahan.
"Memenangkan beragam lomba tersebut merupakan kemudahan yang Tuhan janjikan. Balasannya pun berkali-kali lipat. Bukan hanya sekedar ongkos kuliah, tapi lomba-lomba itu berhasil membawa saya sampai ke titik ini. Lomba-lomba itu berhasil menambahkan catatan baik dalam hidup saya yang juga membanggakan kedua orang tua saya," tutup Azka.
Berikut deretan prestasi Muhammad Azka Syafrizal dalam berbagai perlombaan:
1. Juara 3 Lomba Esai Detion 2023 (Kompetisi Nasional)
2. Juara 2 Lomba Debat Pajak Nasional Taxpression 2023 (Kompetisi Nasional)
3. Juara 2 Three Minute Thesis Presentation Ecofest 2.0 (Kompetisi Internasional)
4. Juara 1 Lomba Debat Pendidikan Tarbiyah Special Event 2022 (Kompetisi Regional)
5. Juara 2 Lomba Debat Ekonomi Grand Economix 4.0 2022 (Kompetisi Nasional)
6. Juara 1 Lomba Debat Ekonomi Arsection 2022 (Kompetisi Nasional)
7. Juara 3 Sinergi XL Future Leaders Batch 10 (Kompetisi Nasional)
8. Finalis Penampilan Proyek Akhir Data Science Track Startup Campus Batch 4
9. Keorganisasian, Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UPN Veteran Jakarta
10. Keorganisasian, Staf Kajian Aksi dan Pergerakan Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UPN Veteran Jakarta
11. Keorganisasian, Kepala Departemen Minat dan Bakat Lembaga Dakwah Fakultas Rohis FEB Al Jihad
12. Keorganisasian, Staf Syiar Lembaga Dakwah Fakultas Rohis FEB Al Jihad
(*wit/HumasUPNVJ)

Berita Sebelumnya

Arif Rahman, 'Anak Pelosok' Peraih Penghargaan Karya Mahardika UPNVJ

Berita Selanjutnya

Prestasi Paduan Suara hingga Esai Antarkan Carlos Piero Raih Karya Mahardika