HERITAGE CULTURE DANCE COMPETITION SENI TARI UPN “VETERAN” JAKARTA

Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Gerak di dalam tari bukanlah gerak yang realistis, melainkan gerak yang telah diberi bentuk ekspresif dan estetis. Sebuah tarian sebenarnya merupakan perpaduan dari beberapa buah unsur, yaitu Wiraga (raga), Wirama (irama), dan Wirasa (rasa). Ketiga unsur ini melebur menjadi bentuk tarian yang harmonis. Unsur utama dalam tari adalah gerak. Gerak tari selalu melibatkan unsur anggota badan manusia. Unsur- unsur anggota badan tersebut di dalam membentuk gerak tari dapat berdiri sendiri, bergabung ataupun bersambungan.

20150522_160715.jpg

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh UKM STVJ yang memiliki konsep “Touch Of Indonesia” ini merupakan acara yang rencananya akan menjadi acara rutin yang diselenggarakan oleh UKM STVJ. Dance Competitions yang diperlombakan adalah modern dance atau tarian yang berkiblat dari negeri barat tetapi tidak meninggalkan unsur etnik tradisional. Dengan alasan inilah STVJ mengusung tema “Heritage Culture, Touch of Indonesia” .

11150775_10202843463366403_3773745169006711852_n.jpg

Acara yang diadakan pada hari Jum’at, 22 Mei 2015 ini terbuka oleh umum dan diikuti oleh 8 peserta dari Sekolah Menengah sederajat dan mahasiswa universitas lainnya. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- tidak mengurangi antusias dari para peserta. Acara yang dimulai pada pukul 14.00 WIB dan bertempat di Ubin Merah UPNVJ ini berlangsung meriah dan mengundang rasa penasaran mahasiswa lainnya untuk melihat aksi gerak dan irama dari para peserta. Paduan Suara “Gita Advayatva” dan Band UBV serta band dari luar UPNVJ seperti band Old Story, The Bravo dan A Pink to the Punk tampil sebagai bintang tamu acara ini.

Sebagai Ketua Pelaksana, Vania Mahasiswa S1 Prodi Akuntansi 2012 berharap agar acara ini dapat berlangsung pada setiap tahunnya karena melihat animo dari para peserta cukup bagus. Selain itu ini dapat menjadi masukan yang positif yang dapat menggali kreativitas dari pribadi anggota penari STVJ maupun penari lainnya.

Tampil sebagai peserta, “My Match” peserta yang berasal dari SMA Ananda Bekasi dan “Fuerza” dari SMK Mutiara 17 Agustus Bekasi mengatakan bahwa event-event seperti ini adalah event yang paling digemari oleh para “dancer”, karena dengan berkompetisi maka akan tumbuh jiwa sportifitas yang ada dalam diri masing-masing dancer. Selain itu menambah motivasi serta perbendaharaan gerakan. Perasaan gugup serta “deg-degan” tak luput mereka rasakan karena melihat pesaing-pesaing yang tak kalah hebatnya.

Ibu Rosa selaku pendamping dari salah satu peserta yang memiliki Event Organizer Roseart Management yang juga memegang Sanggar tari ini mengatakan ini merupakan tindakan yang bagus yang dilakukan oleh mahasiswa di universitas. Dengan adanya acara seperti ini dapat menyalurkan hobi mereka dalam bidang “menari” serta menggali keberanian peserta untuk dapat bersaing secara positif. Lokasi tempat yang dipilih pun seperti di lingkungan kampus merupakan strategi yang bagus untuk mempromosikan kampus UPNVJ karena para peserta yang mayoritas masih duduk di bangku sekolah dapat melihat-lihat keadaan kampus UPNVJ.

20150522_173833.jpg
Juara ke III - STAM CREW dari Jakarta

Keluar sebagai pemenang adalah Stam Crew Juara ketiga dari Jakarta membawa uang tunai Rp. 500.000,- serta Plakat,

Fairy Monstrous Juara kedua dari Bogor membawa uang tunai Rp. 1.000.000,- serta Plakat dan Fuerza Juara pertama dari Bekasi membawa uang tunai Rp. 1.500.000,- serta Plakat.

Sukses terus STVJ dan selamat berkiprah di luar serta di dalam kampus. Tunjukkan keindahan budaya Indonesia melalui gerakan tubuh serta irama yang berpadu dalam setiap penampilan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20150522_173815.jpg
Juara ke II - Fairy Monstrous dari Bogor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10649960_10202843473086646_4365539981150004427_n.jpg
Juara I - Fuerza dari Bekasi

Berita Sebelumnya

MENEROPONG PANGGUNG JURNALISTIK MASA KINI

Berita Selanjutnya

PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PUSAT BAHASA UPN “VETERAN” JAKARTA DENGAN PUSAT PENGEMBANGAN KERJASAMA (PPK) UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA