Ciptakan Wirausaha Muda, Kemenpora dan UPNVJ Gelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019

KEMENPORA_(1).JPG

HumasUPNVJ - Dalam rangka upaya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menciptakan pemuda yang berkarakter, memiliki daya saing, mandiri serta memiliki jiwa wirausaha. Kemenpora mengadakan kerja sama dengan 22 universitas se-Jabotabek dalam bidang pengembangan pemuda, dengan menggelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019.

UPN Veteran Jakarta merupakan kampus yang terpilih untuk menjalin kerjasama ini. Dengan jumlah peserta 200 orang yang meliputi perwakilan mahasiswa dari 7 fakultas yang tersedia di UPN Veteran Jakarta. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Bhineka Tunggal Ika UPN Veteran Jakarta, pada Senin (26/08/19).

KEMENPORA_(4).JPG KEMENPORA_(5).JPG

KEMENPORA_(6).JPG

Dalam acara ini turut hadir Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh, perwakilan PT Astra Internasional Tbk., Dr. William Wiguna (Ketua Asosiasi Penulis & Inspirator Seluruh Indonesia), perwakilan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Asdep Kewirausahaan Pemuda, Drs. Imam Gunawan, MAP,  dan Sandika Konsultan Komunikasi Speack.Project. Para praktisi wirausaha ini hadir untuk memberikan arahan atau sebagai tempat berkonsultasi para mahasiswa dalam kuliah kewarausahaan.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diawali dengan pemutaran video hasil karya mahasiswa UPNVJ dengan menampilkan berbagai usaha kreatif yang sedang dijalankan oleh beberapa mahasiswa yang nantinya akan dikembangkan kembali dari segi pemasaran.

KEMENPORA_(2).JPGRektor UPNVJ Erna Hernawati menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pihak Kemenpora karena telah hadir di UPNVJ dan membuat UPNVJ sebagai salah satu PTN yang terpilih untuk dikembangkan kembali jiwa wirausaha mudanya.

Terimakasih telah hadir di UPNVJ menjadi rangkaian yang ke 21. semoga pembekalan yg diberikan dapat mendorong motivasi mahasiswa untuk memulai wirausaha, karena mulai dari saat ini para mahasiswa bisa memulai usahanya tanpa menunggu lulus, sehingga saat lulus nanti anak anak tidak lagi mencari kerja tetapi merekrut tenaga kerja” Ujar Rektor saat menyampaikan sambutannya.

Perkembangan lain oleh mahasiswa yaitu beberapa mahasiswa dalam video yang sudah kita lihat bersama tadi mereka telah membuat produk yang saat ini sedang proses pemasaran, tidak hanya itu para mahasiswa juga wajib mengikuti gebyar produk (pameran produk) khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk mereka mampu menerapkan ilmu usaha di dunia nyata. Hal ini harus di manfaatkan oleh seluruh fakultas agar kita semua dapat menciptakan wirausaha muda” Ucap Rektor.KEMENPORA_(3).JPG

Selain Rektor UPNVJ, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh juga menyampaikan “Tadi sudah digambarkan dengan tampilan video pertama ada karya anak-anak fakultas di UPNVJ dengan kreativitas, dengan kreativitas dan kita telah hidup di era digitalisasi yang semuanya serba mudah, kita tinggal mematik potensi yang kita miliki karena hakikatnya kita semua memiliki potensi itu semua. Kita tercipta dengan keunikan masing-masing dan potensi masing-masing karena tidak ada manusia yg tidak memiliki potensi. Tidak ada yang sempurna dan pada hari ini kesempatan kita mencari potensi dengan peluang yg ada saat ini” Ujar Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora.

Beliau juga menegaskan “Wirausaha merupakan penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan dan mencari peluang dari masalah yang dihadapi oleh setiap orang. Fitrah kita adalah berubah, kalau kita tidak mau berubah maka kita akan tertinggal dengan perubahan” Tutupnya.

Kegiatan kewirausahaan pemuda Kemenpora ini terdiri dari empat tahap dengan metode seleksi pada tiap tahapnya. Tahap satu diselenggarakan di 22 perguruan tinggi di wilayah Jabodetabek. Tahap dua sampai empat akan diselenggarakan di Gedung Kemenpora, Jakarta.

12 wirausahawan terbaik akan dipilih menjadi nominator penerima akses permodalan dan mengikuti tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2019.

Kuliah kewirausahaan Pemuda merupakan ikhtiar Kemenpora untuk mempercepat proses percepatan penumbuhan minat kewirausahaan pemuda dengan berkoloborasi bersama Perguruan Tinggi serta para pelaku usaha.

 

Berita Sebelumnya

Cinta Tanah Air, Duta Kampus dan Anggota Resimen Mahasiswa UPNVJ Ikut Pelatihan Bela Negara

Berita Selanjutnya

Pidana Delik Diskriminasi Rasial