Pelatihan Kewirausahaan Ibu-Ibu Cimanggu oleh Mahasiswa KKN UPN Veteran

LP2M.jpg

HumasUPNVJ - Sekelompok mahasiswa UPN Veteran Jakarta yang melaksanakan KKN Tematik di Desa Cimanggu melakukan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan kepada ibu-ibu di Desa Cimanggu. Mereka melakukan pelatihan pengolahan singkong menjadi keripik atau enyek-enyek yang menjadi makanan khas desa Cimanggu dengan modifikasi rasa dan bentuk kemasan agar lebih menarik. enyek-enyek merupakan panganan olahan singkong yang dibentuk seperti keripik. Pelatihan tersebut merupakan salah satu program kerja dari kelompok mahasiswa UPN Veteran Jakarta yang fokus terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Pelatihan yang dilakukan dirumah salah satu warga tersebut dihadiri oleh beberapa orang ibu-ibu yang kesehariannya hanya mengurus rumah tangga. Mereka begitu antusias dengan pelatihan tersebut karena berharap mampu melakukan wirausaha dan mampu membantu suami mereka mencari nafkah guna meringankan perekonomian keluarga mereka.

Bukan hanya melakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan produk, kelompok mahasiswa KKN Tematik UPN Veteran Jakarta juga membantu membuat design kemasan produk enyek-enyek agar tampilan kemasan lebih menarik dan lebih mudah dalam pemasaran. Produk hasil olahan enyek tersebut diberi nama CIETOP “Cimanggu Enyek Top”. Selain  itu,  nantinya mereka juga akan membantu memasarkan produk secara online melalui website desa maupun beberapa social media. Hal tersebut sejalan dengan Tema besar utama KKN Tematik UPN Veteran Jakarta di Desa Cimanggu, yaitu pengembangan desa digital.

Kedepannya, diharapkan warga Cimanggu khususnya para ibu rumah tangga dapat lebih mandiri dalam mengembangan kewirausahaan mereka guna menunjang perekonomian warga Desa Cimanggu.

Berita Sebelumnya

Profil Calon Dekan Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta Periode 2019-2023

Berita Selanjutnya

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme dengan Musik, UBV Gelar Music Goes to School