Helicopters Emergency Medical Services (HEMS) training pertama di Indonesia digelar di UPNVJ

Hari_Ketiga_(2).jpg

HumasUPNVJ - UPNVJ bekerja sama dengan FAM (Fondation De L’academie  De Medicine) serta Airbus Foundation menyelenggarakan Helicopters Emergency Medical Services (HEMS) training pertama di Indonesia. Kegiatan ini terbagi menjadi 2 rangkaian yang diselenggarakan selama tiga hari. Hari pertama dan kedua digelar seminar yang bertempat di Kampus II - UPNVJ Limo Depok (3/12) dan untuk workshop bertempat di Pelita Air Services (5/12).

Hari_ketiga_(1).JPG

Turut hadir dalam acara ini, Rektor, para Wakil Rektor, Prof. Guritno Suryokusumo, Kepala Pusat Krisis Kesehatan- Departemen Kesehatan dr. Budi Sylvana, Tim Airbus Foundation dan FAM serta perwakilan lembaga pemerintah, Kementerian Perhubungan, Korlantas, Basarnas dan tentunya tim medis yang berasal dari banyak instansi sebagai peserta training. Kegiatan ini juga menghadirkan professional trainers langsung dari French,Prancis, diantaranya Doctor Herve Roy (Emergency doctor), Doctor Pascal Zellner (Hospital Practitioner), Doctor Nicolas Peschanski (Emergency Physician), dan Mr. Ralph Setz (HEMS Marketing Director).

Helicopters Emergency Medical Services atau HEMS ini merupakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dalam menggunakan helicopter untuk penanganan kasus emergency.

Hari_Ketiga_(7).JPG

Guru besar Fakultas Kedokteran UPNVJ, Prof. M. Guritno Suryokusumo mengatakan bahwa pelatihan Hems ini sangat penting karena pelatihan ini adalah salah satu program tahunan Airbus Foundation yang dilakukan di negara-negara terpilih, dan Indonesia salah satunya.

Hari_Ketiga_(4).JPG

Tim Humas UPNVJ juga berkesempatan melakukan wawancara dengan Ralph Setz selaku HEMS Marketing Director yang mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk membangun awareness (kesadaran) atau pemahaman bahwa HEMS sangatlah dibutuhkan untuk meminimalisir angka kematian pasien (dalam perjalanan).

Selain itu, Ralph juga sangat senang melihat antusias para peserta yang hadir selama tiga hari kegiatan ini berlangsung.

Hari_Ketiga_(3).JPG

Berita Sebelumnya

Pertama di Indonesia, UPNVJ Gelar Pelatihan Helicopter Emergency Medical Services

Berita Selanjutnya

Tingkatkan Persiapan Akreditasi, LP3M Gelar Workshop Penyusunan LED