Tips Membangun Personal Branding Bersama Rachel Amanda Aurora

WhatsApp_Image_2020-10-15_at_13.31.44.jpeg

HumasUPNVJ - Dalam rangka memberikan pembekalan bagi mahasiswa dan Wisudawan baru untuk menuju ke dunia kerja, UPN Veteran Jakarta melalui UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan menyelenggarakan Seminar Softskill Pembekalan Mahasiswa dan Wisudawan secara daring dengan mengakat tema “Membangun Personal Branding Dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja” yang berlangsung pada, Kamis (15/10/20).

UPN Veteran Jakarta sebagai universitas penghasil lulusan yang berkompeten, dan untuk mendukung program Merdeka Belajar KEMENDIKBUD RI. Dengan ini mahasiswa dan wisudawan perlu diberikan bekal untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Dihadapan lebih dari 200 peserta yang hadir dalam seminar virtual ini, Dr. dr. Ria Maria Theresa menyampaikan pesan kepada para peserta untuk terus berusaha mencari ilmu dan pengalaman dari mana saja karena dengan kita mendapatkan nilai positif dari mana saja maka kita bisa menemukan personal branding yang kita inginkan.

“Walaupun sudah lulus tetaplah mencari ilmu karena tanpa mencari ilmu  dan menambah koneksi diluar kita tidak bisa menemukan personal branding kita, tetaplah berkarya untuk terus memberikan manfaat bagi diri sendiri dan juga masyarakat luas dan perlu diketahui keberhasilan di dunia tentu kita membutuhkan kolaborasi dan harus bisa beradaptasi dengan baik. hanya orang orang yang bisa beradaptasi dengan baiklah yang bisa menghadapi kondisi dan situasi saat ini” jelas dr. Ria.

Perlu diketahui, Personal Branding adalah apa yang orang lihat dan bicarakan tentang kamu, ketika kamu tidak ada di ruangan itu. Personal brand bisa membantu kamu mengembangkan diri sembari mengukuhkan posisi sebagai leader di suatu bidang atau industri. Personal brand juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan kesuksesan karir dan memberi kesempatan untuk meraih tujuan.

WhatsApp_Image_2020-10-15_at_14.33.56.jpeg

Ketika orang-orang mengetahui bahwa kamu memiliki sebuah karakter dan keahlian yang kuat dalam sebuah bidang, akan terbuka banyak kesempatan dan jalan dalam membangun karirmu. Selain itu, kamu akan semakin dicari oleh berbagai orang atau industri yang membutuhkan keahlian tersebut.

Menariknya, tips membangun Personal Branding ini disampaikan langsung oleh aktris cantik dan berprestasi yang telah membintangi puluhan judul film layar lebar, sinetron dan juga FTV yaitu Rachel Amanda Aurora yang biasa kita sapa Amanda. Ditengah kesibukannya Amanda memberikan pengalaman dan ilmunya sesuai dengan bidang yang saat ini jalani.

Dalam hal ini Amanda menyampaikan berbagai pengalaman yang ia miliki dari masih menjadi aktris cilik hingga saat ini sudah tumbuh dewasa dengan peran-perannya yang terbaru.

“Bicara tentang karir aku sudah bekerja dari aku kecil karena memang dari kecil sudah sangat suka dengan dunia akting kemudian cukup intens juga di bintang iklan. Tetapi bicara tentang Personal Branding sepertinya baru aku temui saat sudah memasuki dunia pendidikan tinggi, dengan kegiatan yang aku lakukan dan peran baru yang aku jalani, dari situ baru orang-orang tahu kalau Amanda bukan aktris cilik lagi karena selama ini banyak yang berfikir Amanda seorang aktris cilik”.

“Terkadang berifikir juga bagaimana membangun Personal Branding saat ini, kebetulan juga kuliah jurusan psikologi jadi makin sadar bahwa Personal Branding bukan hanya memperlihatkan “image” didepan banyak orang tapi kita juga harus lebih aware dengan diri sendiri nilai seperti apa yang ingin kita tampilkan, jadi bukan tentang sekedar “ingin bagus”saja di mata orang lain” tutur Amanda

“Dulu mungkin aku terasa ingin terlihat sebagai wanita yang dewasa tetapi saat ini aku ingin terlihat yaa apa adanya aku saja dan lama-lama orang lain memahami itu”.

1.jpg

Dalam seminar yang bersifat dua arah ini para peserta juga bisa dengan kapanpun menanyakan dan langsung bercakap dengan Amanda. Salah satunya Afif yang menanyakan bagaimana caranya menyeimbangkan Personal Branding di sosial media dan apa adanya kita realitanya  Semisal di sosial media terlihat pasif namun pada realitanya senang berinteraksi.

Amanda berpendapat untuk kita bisa menambah satu level Personal Branding di sosial media dapat dilakukan dengan membuka interaksi dengan para followers, semisal opini atau pandangan tentang issue  yang lagi dibicarakan banyak orang saat itu. hal tersebut dapat dicoba dan bisa kita riset sendiri bagaimana respon dari khalayak.

“Personal Branding ini pada akhirnya ada pada diri Anda sendiri, jadi kenali dan nilai baik apa yang ada dalam diri kita maka keluarkan hal positif tersebut untuk menjadi Personal Branding kita” tutup Amanda.

 

 

Berita Sebelumnya

Penerbitan Buku Bela Negara Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta 2020

Berita Selanjutnya

Rektor UPNVJ Tandatangani MoU dalam Konferensi Internasional (IJCST) 2020