LP3M Gelar Pelatihan Pekerti dan Applied Approach Bagi Dosen UPN Veteran Jakarta

PEKERTI_LP3M_(1).JPG

HumasUPNVJ - Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M UPN Veteran Jakarta bekerjasama dengan Pusat Pengembangan SDM Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2SDM LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Pelatihan Pekerti dan Applied Approach Bagi Dosen UPN Veteran Jakarta di Hotel Aston Bogor, pada Senin (02/11/20).

Dihadapan 55 orang yang meliputi para dosen UPNVJ dan perwakilan IPB, Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati menyampaikan sambutannya secara daring, beliau menyampaikan dosen sebagai ujung tombak dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas maka sebelum menjalankan tugas untuk mendidik mahasiswa, maka para dosen harus dipastikan sebagai dosen yang berkualitas. Karena Tugas utama dosen harus mampu untuk mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Untuk menjadi dosen yang berkualitas, pertama ditunjukan oleh  kemampuan penguasaan bidang keilmuan, hal ini sudah menjadi kualifikasi minimal, dimana dosen harus mumpuni dalam bidang keilmuannya, update mengikuti perkembangan keilmuan salah satunya  dengan mencapai studi pada level doktor dan jabatan akademik guru besar dan bahkan saat ini selain pendidikan formal, tuntutan peraturan menteri bahwa dosen tidak hanya mumpuni dalam penguasaan keilmuan tetapi juga tuntutan untuk dosen memiliki rekognisi dari keilmuannya tersebut. Hal itu menunjukan dosen saat ini yang diharapkan adalah dosen yang tidak saja paham teoritis tapi juga dilengkapi dengan pengalaman praktis bahkan pengakuan dari pihak eksternal dalam keahlian yang dimiliki” jelas rektor.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen UPNVJ untuk mencapai Tujuan Pendidikan tinggi sesuai Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang didalamnya menjelaskan berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa, dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa; serta untuk pencapaian visi UPNVJ khususnya, menghasilksn lulusan yang memiliki daya saing, inovatif dan beridentitas Bela Negara.

PEKERTI_LP3M_(5).JPG

Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) untuk dosen muda dan program Applied Approach (AA) untuk dosen senior merupakan dua buah program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dan terutama  peningkatan keterampilan pedagogis. Sebagai dosen wajib memiliki tiga kemampuan dasar yakni  kemampuan dalam merancang proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran secara efektif.

“Selain default nya dosen, adalah mumpuni dan update dalam bidang keilmuan, yang tidak kalah penting, adalah bahwa para dosen harus memahami betul bagaimana menjalanksn tugasnya dan tanggungjawabnya sebagai dosen. Dosen berfungsi sebagai pendidik, pengajar, harus memahami betul esensi menjalankan profesi sebagai dosen. Harus memahami betul ilmu pedagogis, esensi mendidik, bahkan ilmu psikologi, bukan sekedar hanya masalah penguasaan teknologi pembelajaran saja. Teknologi hanya sebagai alat bantu agar pembelajaran dapat tersampaikan lebih untuk efektif” tambah rektor.

Rektor berharap materi yang disampaikan akan mendorong meningkatnya penguasaan dan pemahaman tentang tanggungjawab profesional sebagai dosen dan yang terpenting apa yang diperoleh dalam workshop ini akan diimplementasikan para dosen dalam menjalankan tugasnya sebagai dosen. Hingga dari proses belajar mengajar para dosen mampu menghasilkan generasi yang berakhlak mulia dan memiliki pola pikir yang akademis, terbuka (open mind), memiliki kemampuan  belajar secara mandiri sepanjang hayat dan skills era industri 4.0.

Berita Sebelumnya

FEB Tandatangani Kerjasama Dan Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Medeka (MBKM) Program Studi Ekonomi Syariah

Berita Selanjutnya

Lokakarya Kurikulum Kampus Merdeka 2020 Fisip UPNVJ