Tingkatkan Pengetahuan Seputar Dunia Diplomasi, FPCI Chapter UPNVJ Gelar Webinar “BTS #2: Diplomat Edition”

Humas UPNVJ - Pandemi Covid-19 masih menjadi penghalang utama untuk melakukan pertemuan secara tatap muka, semakin bertambahnya hari semakin bertambah pula pasien yang terkena virus ini. Banyak hal yang berubah, kini hampir semua aktivitas dilakukan dari dalam rumah. Salah satu aktivitas yang terdampak selain perkuliahan adalah kegiatan seminar yang dulunya dilakukan secara offline atau tatap muka sekarang hampir semua kegiatanpun dilaksanakan secara online. Namun, hal ini tidak mengurangi semangat mahasiswa-mahasiswi UPN Veteran Jakarta yang tergabung dalam organisasi mahasiswa Fisip, Foreign Policy Community of Indonesia Chapter UPNVJ (FPCI UPNVJ) untuk tetap melakukan kegiatan yang produktif, yaitu menggelar Webinar (Web Seminar), Sabtu 21 November 2020.

Kegiatan Webinar ini membahas mengenai pengetahuan dasar tentang dunia diplomasi dan profesi diplomat. Berbicara tentang diplomat, seperti yang kita ketahui, diplomat merupakan profesi dambaan bagi setiap mahasiswa lulusan studi hubungan internasional, sebuah pencapaian prestisius yang menjadi harapan bagi sebagian orang yang menggeluti dunia hubungan internasional. Seorang diplomat sebagai perwakilan dari sebuah negara bertanggungjawab dalam menjalin hubungan diplomatik kepada entitas tempat bertugasnya. Seorang diplomat harus memiliki kemampuan berdiplomasi yang baik dan kecakapan intelektual yang mumpuni. Di ruang kelas, mahasiswa belajar mengenai teori-teori diplomatik dan berbagai komponen yang berhubungan dengan hubungan internasional. Namun, menjadi diplomat tidak semudah yang digambarkan dalam ruang akademik. Kurangnya interaksi antara mahasiswa hubungan internasional dengan diplomat profesional menyebabkan kurang utuhnya informasi mengenai seluk beluk beserta suka dan duka dari profesi ini.

Maka dari itu, Foreign Policy Community of Indonesia Chapter UPN Veteran Jakarta melalui Behind The Success: Diplomat Edition hadir untuk membahas seputar karir diplomat dan aspek-aspek motivasional untuk audiens, khususnya kepada mahasiswa baru dari studi hubungan internasional.

Webinar yang di gelar oleh FPCI ini mengusung tema yaitu Youth Empowerment dengan judul “Pemuda Menjadi Diplomat: Dari Ruang Kelas Hingga Realitas”. Yang menghadirkan beberapa narasumber dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dengan tujuan untuk menginspirasi para peserta berdasarkan pengalaman karirnya sebagai seorang diplomat dan juga mengundang mahasiswa berprestasi yang memberikan kisah inspiratifnya sebagai mahasiswa aktif yang telah memiliki pengalaman dalam bidang diplomasi. Narasumber-narasumber tersebut diantaranya; Dr. Bambang Susanto, M.A, Raden Haikal Dhikananda, Neta Cynara Anggina dan Farras Ghaly, yang dihadiri kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi aktif UPNVJ, dan beberapa mahasiswa dari kampus lain seperti UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Makassar, serta UIN Surabaya.

Tim Humas UPNVJ melakukan wawancara online secara singkat dengan Presiden FPCI Chapter UPNVJ, Daffa Halin Ananda, dalam wawancaranya Daffa menyampaikan harapannya untuk FPCI kedepanya dengan diselenggarakannya Webinar ini, “Harapannya adalah agar mahasiswa - mahasiswi UPNVJ, terutama mahasiswa baru mendapatkan pencerahan terkait bekerja di lembaga negara, khususnya di Kementerian Luar Negeri, sehingga terus meningkatkan kapasitas mereka selama belajar di universitas sehingga dapat menggapai cita-cita/pekerjaan yang mereka inginkan, dalam kasus webinar ini yaitu Diplomat”. Ungkap Daffa

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi masing-masing narasumber dan sesi diskusi.

FPCI_4.png

Berita Sebelumnya

Pengumuman Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap di Masa Pandemi Covid – 19 oleh Kemdikbud RI

Berita Selanjutnya

Webinar Behind The Success (BTS) #2: “Pemuda Menjadi Diplomat: Dari Ruang Kelas Hingga Realitas”