UKM BSO PIK R PATRIOT UPNVJ Raih Banyak Juara Pada Pemilihan Duta GenRe Jakarta Selatan 2021

IMG_8029.JPG

 

HumasUPNVJ - Dalam rangka merespon permasalahan remaja, termasuk di masa Pandemi COVID-19 seperti ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang dikembangkan oleh BKKBN dalam pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda (remaja), yang menjadi wadah bagi remaja dalam mengembangkan karakter remaja bangsa, melalui pemahaman Pendewasaan Usia Perkawinan, penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, serta edukasi kesehatan alat reproduksi. Sehingga remaja dapat menghindari Pernikahan Dini, Seks pra nikah, penyalahgunaan NAPZA dan mampu melangsungkan jenjang pendidikan yang bermutu, berkarir berjenjang secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Jakarta Selatan pada tanggal 28 Juni 2021 membuka pendaftaran pemilihan duta GenRe dengan tema BELIEVE (Brave, Intellegence and Creative). Selanjutnya, pada tanggal 17 Juli 2021 diadakan audisi semi finalis Pemilihan Duta GenRe Jakarta Selatan 2021 yang meliputi test wawancara, Bahasa inggris, pengetahuan umum dan kependudukan. Lima orang mahasiswa UPN Veteran Jakarta yang merupakan pengurus PIK R Patriot UPN Veteran Jakarta dibawah dosen binaan Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb.,Bd, MKM lolos ke dalam tahap semi finalis Top 10 Putra dan Top 10 Putri Duta Genre Jakarta Selatan. Mereka adalah Andika Heri Susanto (S-1 Ilmu Politik 2020), Kabil Kohar (S1-Hubungan Internasional 2020), Mikha Tiffani (S1-Kesehatan Masyarakat, 2020), Wahyuningtyas Putri (S1-Gizi, 2020), Bebi Ayu Wulandari (S1-Keperawatan, 2019), dan Selvina Indah (S1 Kedokteran, 2018). Mereka termasuk kedalam 20 peserta dengan 10 perempuan dan 10  laki-laki yang memenuhi kriteria untuk menjalani karantina. Karantina Pemilihan Duta GenRe Jakarta Selatan dilakukan dengan pembekalan berbagai materi mengenai seorang bagaimana menjadi seorang duta, public speaking, psikologi, engagement, bahasa inggris, bangga kencana dan grooming.

Selanjutnya, pada tanggal 14 Agustus 2021 dilaksanakan malam Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana Kota Administrasi Jakarta Selatan 2021. Seluruh perwakilan dari PIK R Patriot UPN Veteran Jakarta memenangkan berbagai macam gelar. Berikut adalah para pemenang serta gelar yang diraih.

Kabil Kohar, Mahasiswa Program Studi  Hubungan Internasional Program Sarjana Angkatan 2020  Koordinator Bidang Pengelolaan Sumber Daya Internal PIKR Patriot UPNVJ, meraih gelar sebagai Duta GenRe Jakarta Selatan Juara 3 Putera 2021 dan akan maju ke ajang Duta GenRe DKI Jakarta 2021

Tentu saja saya bangga dan tidak menyangka akan memenangkan ajang ini. Saya juga mendapat banyak pengalaman dari mengikuti ajang ini, saya juga mendapat pengetahuan yang begitu banyak terkait Generasi Berencana, sehingga saya dapat mengajak para remaja untuk mengenal program Generasi Berencana kedepannya. Dan sekarang, saya siap untuk  melanjutkan perjuangan ke pemilihan ajang Duta GenRe DKI. Mohon dukungan dari semua pihak civitas akademika UPN Veteran Jakarta, semoga saya dapat membawa nama baik PIK R Patriot UPN Veteran Jakarta.

Selvina Indah Permatasari Hutauruk, Mahasiswi Program Studi Kedokteran Program Sarjana Angkatan 2018, Koordinator Bidang Informasi dan Konseling PIKR Patriot UPNVJ, meraih gelar sebagai Duta GenRe Jakarta Selatan Juara 3 Puteri 2021, akan maju ke ajang Duta GenRe DKI Jakarta 2021

“Tidak menyangka mendapat predikat juara 3 puteri. Walaupun saya mengikuti dan menjalani karantina secara online dan jauh dari abang none duta lainnya, tidak menggerus semangat saya untuk memberikan yang terbaik dalam hal kebaikan untuk remaja bersama dengan mereka. Pesan saya kepada remaja mulai sekarang kenali dirimu, untuk rencana hidupmu yang terarah dan tedepan. Salam GenRe!”

Bebi Ayu Wulandari, Mahasiswi Program Studi Keperawatan Program Sarjana Angkatan 2019,  Wakil Ketua PIKR Patriot UPNVJ, meraih gelar sebagai Duta GenRe Sosial Media Inspirator Puteri 2021

"Persiapan yang saya lakukan sangat banyak dan menghabiskan banyak waktu, tenaga serta biaya. Terlebih saya sedang mengikuti kepanitiaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Kesehatan, ditambah sedang masa praktik klinik keperawatan dasar dan maternitas, membuat saya terampil dalam membagi waktu serta pikiran. Namun, dengan banyak waktu, tenaga bahkan biaya yang sudah saya habiskan, ada banyak pengalaman dan pembelajaran yang dapat diambil dan disyukuri. Salah satunya ialah, memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Harapan saya sangat banyak, salah satunya semoga saya dapat terus melakukan kegiatan positif, inovatif dan kreatif untuk remaja khususnya yang dapat menyebarluaskan manfaat kebaikan. Yang paling utama, saya berharap, agar saya dapat merealisasikan tugas utama seorang Duta GenRe, yakni dapat menjadi inspirasi bagi remaja dan seluruh masyarakat untuk dapat menghindari perilaku seks berisiko, pernikahan dini dan penyalahgunaan NAPZA. Masa remaja adalah masa paling berharga, berharga untuk masa depan keluarga, bangsa dan negara Indonesia. Aku remaja, kamu remaja, bersama kita menjadi remaja berkualitas."

Wahyuningtyas Putri, Mahasiswi Program Studi Gizi Angkatan 2020, Anggota Bidang Informasi dan Konseling PIKR Patriot UPNVJ, meraih gelar sebagai Duta GenRe Persahabatan Puteri Jakarta Selatan 2021.

“Sebuah kebanggan dapat mengemban amanah menjadi Duta GenRe Jakarta Selatan 2021. Melalui kesempatan ini, begitu banyak pengalaman yang saya dapatkan dalam membentuk diri menjadi individu yang memiliki kebermanfaatan bagi sekitar. Satu tahun menjabat, seumur hidup menginspirasi”.

Mikha Tiffani, Program Studi Kesehatan Masyarakat Angkatan 2020, Koor Bidang HPD PIKR Patriot UPNVJ, meraih gelar sebagai Duta GenRe Best Public Speaking Puteri 2021

“Kesan dan pesan selama mengikuti Pemilihan Duta GenRe Jakarta Selatan 2021 sangat berharga dari segi apapun juga. Kami diajarkan untuk memiliki rasa tanggung jawab, disiplin, teguh pendirian, kokoh, tak mudah menyerah, dan santun akan segala hal. Di sisi lain, pembelajaran yang diberikan daripada ahli yang mumpuni di bidangnya membuat saya menjadi orang yang perlahan terbentuk menjadi pribadi yang lebih baik”.

Selamat kepada teman-teman mahasiswa yang telah membawa nama baik PIK R Patriot UPN Veteran Jakarta. Selamat mengemban amanah baru, semoga dapat selalu berprestasi dan memberikan yang terbaik untuk remaja-remaja Indonesia.

 

Berita Sebelumnya

UPNVJ Berkomitmen Jalankan Program Pendidikan Sesuai Arahan Presiden

Berita Selanjutnya

Peringati Hari Kemerdekaan RI UPNVJ Bersama Kemendikbudristek Gelar Vaksinasi Covid-19