Wakil Rektor 1: Belajar dengan Pikiran Terbuka di Kampus

WhatsApp_Video_2021-08-10_at_22.19.18.mp4_snapshot_00.44_[2021.08.11_19.20.23].jpg

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Dr. Anter Venus, MA.Comm mengatakan mahasiswa harus belajar dengan pikiran terbuka selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

"Buka pikiran untuk memahami berbagai perspektif secara eksploratif. Bersikaplah secara kritis," kata Venus dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 UPNVJ yang diadakan secara daring pada Rabu (11/8/2021).

Venus mengatakan perbedaan perguruan tinggi dengan sekolah menengah adalah mahasiswa dan dosen didorong untuk melakukan penelitian dan berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan. Perguruan tinggi berfungsi menghasilkan ilmu pengetahuan.

Untuk dapat menghasilkan dan berkontribusi pada ilmu pengetahuan, komunitas di perguruan tinggi baik dosen maupun mahasiswa harus bersikap kritis.

"Ilmu pengetahuan dihasilkan dari seseorang yang bersikap kritis dan didorong oleh sikap selalu bertanya," tuturnya.

Perbedaan lain antara pendidikan di perguruan tinggi dengan sekolah menengah adalah fleksibilitas belajar. Di perguruan tinggi, mahasiswa dituntut untuk memiliki kemandirian dan kemampuan dalam merencanakan studinya.

Pada era disrupsi digital, Venus mengatakan tatanan belajar mengalami perubahan terutama karena kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi.

"Guru dan dosen bukan lagi menjadi satu-satunya sumber belajar karena mahasiswa bisa belajar dari mana saja dengan variasi yang tidak terbatas.Era digital membuka peluang belajar secara terbuka," katanya.

Menurut Venus, perubahan tersebut disambut pemerintah dengan menerapkan kurikulum Kampus Merdeka yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar di program studi lain, bahkan kampus lain baik di dalam maupun di luar negeri.

"UPNVJ sudah sejak tahun kemarin membuka peluang secara luas kepada mahasiswa untuk menjalani kurikulum Kampus Merdeka," jelasnya. (*)

Berita Sebelumnya

SENAMIKA : Perkembangan Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Menghadapi Era New Normal

Berita Selanjutnya

UPNVJ Jalin Kerja Sama dengan Universitas Esa Unggul