Dalam Rangka Internasionalisasi Universitas, UPNVJ Selenggarakan Sosialisasi Mekanisme Perjalanan Dinas Luar Negeri

HumasUPNVJ – Guna mewujudkan tertib administrasi perjalanan dinas luar negeri (PDLN) di lingkungan UPN “Veteran” Jakarta diselenggarakan sosialisasi mekanisme dan prosedurnya pada Jumat (28/10/2022). Kegiatan dilakukan secara luring melalui Zoom Meeting dengan menghadirkan dua narasumber dari Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yaitu De'norraliana Ali Gryan dan Shelvy Arini.

Screenshot_(2278).png

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Prasetyo Hadi, SE., MM., CFMP saat membuka sosialisasi menyampaikan bahwa saat ini Kemendikbudristek mendorong internasionalisasi Perguruan Tinggi sehingga perlu untuk mengetahui mechanisme dan prosedur perjalan dinas luar negeri, “Sesuai target kemendikbudristek, sekarang banyak tuntutan go international untuk melakukan kerja sama dengan Perguruan Tinggi luar negeri, pertukaran mahasiswa baik dari dalam ke luar maupun dari luar ke dalam.” Ujar Prasetyo.

WhatsApp_Image_2022-10-28_at_10.32.14.jpg

Dalam paparannya, De’norraliana menjelaskan jika alur persetujuan perjalanan dinas luar negeri dimulai dari pengajuan permohonan PDLN oleh instansi pemohon. Permohonan akan disampaikan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk dilakukan verifikasi berkas dan validasi data permohonan hingga penerbitan persetujuan PDLN. Kemudian paspor dinas dan exit permit diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri. Alur yang terakhir yaitu penerbitan visa dinas dari Perwakilan Negara Asing.

Usai memaparkan mekanisme dan prosedur PDLN, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab agar mengetahui lebih lanjut perihal yang telah dijelaskan olehe narasumber.

Berita Sebelumnya

Dr. Anter Venus, MA.Comm Resmi Jadi Rektor UPNVJ

Berita Selanjutnya

UPNVJ Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Upacara