Dr. Anter Venus, MA.Comm Resmi Jadi Rektor UPNVJ

Pelantikan_rektor_AWF_4073.jpg

HumasUPNVJ – Dr. Anter Venus, MA.Comm resmi menjadi Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) setelah dilantik oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim di Graha Utama, Gedung Ki Hadjar Dewantara Lantai 3, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Dr. Anter Venus, MA.Comm dilantik bersama empat rektor universitas negeri dan empat direktur politeknik negeri, yaitu Universitas Negeri Semarang, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Subang, Politeknik Negeri Cilacap, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang. Selain itu, Menteri Nadiem juga melantik sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pelantikan_rektor_AWF_4061.jpg

Dalam sambutannya, Menteri Nadiem mengingatkan bahwa sudah ada 22 episode kebijakan yang diluncurkan dan banyak transformasi besar yang dilakukan selama tiga tahun pelaksanaan Gerakan Merdeka Belajar. 

“Untuk jenjang perguruan tinggi, kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah mengubah cara para mahasiswa belajar. Dari yang terbatas di dalam ruangan dan mendengarkan materi kuliah, menjadi petualangan di dunia nyata dengan tantangan untuk berpikir kritis dan kreatif memecehlan masalah,” katanya.

Hingga saat ini terdapat 123 ribu mahasiswa dari 2.600 perguruan tinggi yang mendapatkan pengalaman di luar kampus dan 2.700 mitra industri yang telah berpartisipasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Ke depan, kita harus semakin menguatkan kolaborasi yang sudah berjalan baik ini,” ujarnya.

Kepada para rektor dan direktur yang dilantik, Menteri Nadiem berharap mereka dapat semakin mendorong transformasi di kampus masing-masing dan menghilangkan sekat-sekat yang membatasi kolaborasi antara mahasiswa dan dosen.

“Sehingga kita mendapatkan kesempatan yang semakin besar untuk berinovasi. Transformasi Merdeka Belajar yang kita upayakan tiga tahun terakhir telah mengubah proses pembelajaran,” kata Menteri Nadiem 

Menteri Nadiem mengatakan implementasi asesmen nasional dan kurikulum merdeka telah memberikan keleluasaan bagi para guru dan peserta didik untuk mengeksplorasi cara-cara pembelajaran yang lebih relevan dan jauh lebih menyenangkan.

Menteri Nadiem juga mengucapkan terima kasih kepada mantan Rektor Dr Erna Hernawati, Ak. CPMA, CA dan sejumlah mantan rektor dan direktur lainnya yang telah melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi. Menteri Nadiem berharap para mantan rektor dan direktur tersebut dapat menjadi penggerak Merdeka Belajar.

“Untuk semua pejabat yang dilantik hari ini, mari kita menyatukan langkah bersama, bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” katanya.

Pelantikan_rektor_AWF_4077.jpg

Berita Sebelumnya

Mahasiswa UPNVJ Antusias Ikuti Kuliah Kewirausahaan Pemuda Kemenpora Tahap II

Berita Selanjutnya

Dalam Rangka Internasionalisasi Universitas, UPNVJ Selenggarakan Sosialisasi Mekanisme Perjalanan Dinas Luar Negeri