Beridentitas Kampus Bela Negara, UPNVJ Tunjukan Komitmen Nyata Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

HumasUPNVJ – Identitas yang sangat melekat pada UPNVJ yaitu sebagai Kampus Bela Negara mendorong universitas agar memenuhi kewajiban untuk menjaga pertahanan negara salah satunya dengan mendukung pemberantasan obat terlarang dan zat adiktif.

Mempertimbangkan latar belakang ini, UPNVJ bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI melakukan diskusi rencana nota kesepahaman dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta Prekursor Narkotika. Penandatanganan dilakukan pada Kamis (09/02) bertempat di Kantor BNN, Jakarta Timur. Pada dasarnya kerja sama ini menindaklanjuti nota kesepahaman kerja sama yang telah dilakukan terlebih dahulu antara FH dan BNN untuk program magang mahasiswa.

“… Jadi pertemuan hari ini adalah tindak lanjut FGD Fakultas Hukum UPNVJ. Tujuan kami untuk menindak lanjuti kegiatan yang sudah dilakukan Fakultas Hukum dalam bentuk MoU.” Jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. dr. Ria Maria Theresa, SpKJ, MH mewakili pimpinan universitas.

Kasubdit Kerjasama Nasional BNN, Ibnu Muzakir membawa gagasan agar sebaiknya kerja sama sebelumnya diperluas lagi dan diterapkan sebagai Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat. Tidak berhenti disitu, Ibnu mengusulkan agar kolaborasi ini bisa mencakup Program Belajar Kampus Merdeka.

IMG_8290.JPG

“Dengan ini nanti bisa diusahakan bantuan dari teman-teman UPN terkait pencegahan penyalaganunaan narkoba, lalu saling mencari informasi terkait narkoba. Kita berharap ada kontribusi dari UPN tentang bagaimana proses rehabilitasi dan sosialisasi akan bahaya narkotika dan zat adiktif.” Jelas Ibnu dalam sambutannya.

Ria pun mendukung gagasan tersebut. Ria berkeinginan agar mahasiswa yang melakukan magang dapat secara nyata berpartisipasi dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba sesuai dengan kapasitasnya sehingga kelak dapat menyelenggarakan kegiatan lanjutan dan juga dibekali keterampilan khusus.

IMG_8381.JPG

“Kami setuju ya, pak. Memang akan lebih bermanfaat lagi jika kerja sama ini bukan hanya tentang magang tetapi sekaligus menjadi bagian dari tri darma perguruan tinggi dan MBKM. Nantinya MoU ini juga tidak hanya di lakukan oleh Fakultas Hukum saja tetapi seluruh Fakultas yang ada di UPNVJ sehingga dapat dijadikan sarana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.” Tutur Ria.

Pihak kampus akan memerintahkan fakultas untuk serius dan menghayati kerja sama ini. Kedepannya fakultas diharapkan mencantumkakn program P4GN ke dalam tata tertib agar diketahui oleh seluruh mahasiswa.

Berita Sebelumnya

Dukung Kegiatan Ramah Lingkungan, UPNVJ dan Ikatsi Gelar Seminar dan Pelatihan Ecoprint

Berita Selanjutnya

UPNVJ dan De Montford University Siap Bermitra Demi Tingkatkan Kualitas Universitas