UTBK Hari Pertama di UPNVJ Berjalan Lancar

HumasUPNVJ - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) berjalan lancar di hari pertama, Senin (8/5). Jajaran panitia hadir lebih awal pada pukul 04.30 WIB, sementara para peserta mulai berdatangan pada pukul 05.00 WIB.

Meski masih ada beberapa peserta yang melanggar ketentuan, seperti datang terlambat, berpakaian tidak sesuai atau kurang melengkapi dokumen, secara umum pelaksanaan UTBK-SNBT hari ini berlangsung sesuai harapan.

Kegiatan UTBK-SNBT di hari pertama dimulai dengan menyambut kedatangan peserta dan membariskan mereka. Setelah itu, panitia melakukan pengecekan suhu tubuh, ketentuan berpakaian, dan pemeriksaan dokumen.

Sebagian besar peserta mengikuti ketentuan pelaksanaan UTBK dengan baik, namun ada beberapa yang tidak sesuai. Masih ditemukan beberapa peserta yang datang dengan memakai kaos tanpa kerah, dan ada juga yang menggunakan sandal.

"Ada juga beberapa yang tidak membawa kartu peserta, karena mereka menganggap bisa menunjukkan versi digitalnya dari smartphone. Ada juga yang tidak membawa ijazah atau SKL," kata Koordinator Pelaksana UTBK UPNVJ, Fajar Nugroho, S.Kom., M.P.

Tidak ingin mempersulit peserta, panitia meminta peserta yang tidak membawa ijazah atau SKL untuk menghubungi pihak rumah dan mengirimkan fotonya melalui smartphone. Setelah itu, panitia akan membantu mencetaknya.

Setelah pengecekan dokumen selesai, para peserta diarahkan ke ruang ujian setelah sebelumnya melewati pemeriksaan detektor metal untuk mengantisipasi kecurangan. Sesi ujian pagi berlangsung dari pukul 07.15 sampai 10.30, sementara sesi siang 13.00 sampai 16.30.

"Kita temukan peserta terlambat, yang datang setelah ujian dimulai. Kita sampaikan kepada yang bersangkutan bahwa dia tidak bisa mengikuti UTBk karena terlambat dari waktu yang ditentukan," ujar Fajar.

“Kami himbau kepada peserta agar datang 1 jam sebelum memasuki ruang ujian, membawa dokumen ujian (Kartu Tanda Peserta, Ijazah/SKL legalisasi untuk angkatan 2021 dan 2022, bagi angkatan 2023 membawa surat keterangan kelas 12 yang berisi data siswa, tandatangan dan cap kepala sekolah serta pas foto)”, tambahnya

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada juga peserta yang salah lokasi. Ada peserta yang seharusnya ujian di UPNVJ Kampus Pondok Labu, namun malah datang ke UPNVJ Kampus Limo, dan sebaliknya. Kesalahan lokasi ini masih terjadi meski UPNVJ telah berulang kali menginformasikan melalui berbagai saluran komunikasi.

Perihal area parkir kendaraan, arus lalu lintas di sekitar UPNVJ di hari pelaksanaan UTBK-SNBT relatif lancar. Fajar kembali menyerukan kepada pengantar untuk segera menjauhi area UPNVJ setelah menurunkan peserta. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kemacetan.

UTBK-SNBT di UPNVJ berlangsung selama 14 hari. Gelombang pertama berlangsung pada 8-14 Mei 2023, sedangkan gelombang kedua 22-28 Mei 2023. Jumlah peserta per sesi mencapai 800, sehingga per hari 1.600. Total keseluruhan peserta UTBK-SNBT di UPNVJ tahun ini mencapai 22.400.

IMG_9861.JPG

Berita Sebelumnya

UPNVJ Jadi Lokasi Ujian UTBK – SNBT 2023

Berita Selanjutnya

Dr. Ir. Reda Rizal Penanggung Jawab Lapangan UPNVJ Limo : Datang Lebih Awal Lebih Baik