'Engineering Caring' BEM FT UPNVJ Bantu Penerangan Warga Kampung Cijantur

HumasUPNVJ - Dalam rangka mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ke-3 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin ke-7, BEM Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta melaksanakan program kerja bertajuk Engineering Caring.

Program utama dari Engineering Caring adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) dalam membantu penerangan jalan dengan menggunakan panel surya di Kampung Cijantur, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Cijantur merupakan salah satu kampung yang masih belum mendapatkan fasilitas penerangan jalan memadai sehingga menyebabkan aktivitas warga terhambat saat malam hari. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28-30 September 2023.

Dalam kegiatan ini, BEM Fakultas Teknik UPNVJ memanfaatkan panel surya sebagai energi bersih dan terbarukan untuk penerangan jalan yang bersumber dari cahaya matahari sebagai pundukung SDG’s poin ke-7. Dua panel surya yang diberikan BEM Fakultas Teknik dipasangkan di beberapa titik lokasi yang memang butuh lampu jalan untuk menerangi aktivitas warga di malam hari.

Selain panel surya, BEM Fakultas Teknik juga memberikan bantuan donasi kepada Pondok Pesantren setempat berupa kipas angin, papan tulis, dan alat tulis kantor (ATK) untuk membantu proses mengajar. Selain itu, BEM Fakultas Teknik juga memberikan beragam perlengkapan sekolah untuk membantu dan mendukung proses belajar anak-anak.

BEM Fakultas Teknik berharap kegiatan Engineering Caring ini dapat bermanfaat dan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat Kampung Cijantur.

Berita Sebelumnya

FT UPNVJ dan UMP Sepakati Kerja Sama Lintas Batas Tridharma

Berita Selanjutnya

Pakar Asal Jerman Beri Kuliah Umum Standarisasi Paten di FH UPNVJ