Pimpinan Fakultas UPNVJ Didorong Pahami Seluk-Beluk Tata Kelola Keuangan

HumasUPNVJ - Tata kelola keuangan menjadi topik dalam seri lanjutan pendidikan dan pelatihan di kalangan pimpinan fakultas Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta pada Selasa, 21 November 2023. Materi pelatihan kali ini disampaikan oleh Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) UPNVJ, Lidya Primta Surbakti, SE.M.Si.Ak, CA., Ph.D.

Lidya mengatakan bahwa salah satu masalah yang sering terjadi dalam konteks tata kelola keuangan adalah penyerapan anggaran.

Dalam pelatihan kali ini, para pemimpin fakultas UPNVJ didorong untuk memahami seluk beluk penganggaran dan rencana kegiatan yang sesuai dengan sistem serta aturan berlaku.

Dengan memasukkan rencana kegiatan beserta rincian anggarannya ke sistem, dalam hal ini Sistem Informasi Anggaran (Sianggar), maka pimpinan serta pihak terkait lain dapat memantau secara seksama.

IMG_9960.JPG

"Masalah penyerapan anggaran juga terkadang terkendala Laporan Pertanggungjawaban (LPJ). Kalau LPJ tidak segera dibuat setelah kegiatan, maka kegiatan berikutnya bisa tertunda," ucap Lidya.

Ia mengatakan para pimpinan fakultas UPNVJ juga harus memahami betul bahwa masalah anggaran memang pada dasarnya bersifat ketat, sehingga harus ditangani secara teliti sesuai prosedur dan aturan. Jika penanganan keuangan kurang baik, maka berpotensi terjadi temuan-temuan atau kejanggalan yang dapat merugikan individu atau bahkan mencoreng nama universitas itu sendiri.

Selain memahami aturan seputar tata kelola keuangan, pimpinan fakultas UPNVJ juga didorong memonitor kinerja bawahan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang mungkin dihadapi mereka.

Semisal, jika bawahan mengajukan anggaran kepada universitas dan kemudian ditolak, maka pimpinan harus turun tangan untuk mengetahui apa yang menjadi kendala. Bisa jadi ada kesalahan prosedur di tahap tertentu, dan pimpinan harus dapat mencarikan solusinya.

"Jika ada kendala, tanyakan. Kendalanya apa saja, dan peraturannya seperti apa. Jika memang ada kesalahan, mari bersama-sama kita koreksi," tutur Lidya.

IMG_9958.JPG

Berita Sebelumnya

Menangkan 11 Piala, Rektor Berikan Ucapan Selamat Secara Langsung Kepada Tim PSVJ

Berita Selanjutnya

Kunjungi Rusia, UPNVJ Lanjutkan Kerja Sama dengan Lobachevsky State University