Realisasikan Tanggung Jawab Sosial, UPNVJ Gelar Kegiatan Donor Darah

HumasUPNVJ - Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta menyelenggarakan kegiatan donor darah di Aula Bersama Gedung Mustopo UPNVJ Kampus Pondok Labu pada Kamis, 23 November 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) UPNVJ lewat kerja sama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

Berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, acara donor darah diikuti 75 pendonor yang berasal dari kalangan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di UPNVJ.

Rektor UPNVJ Dr. Anter Venus, MA.Comm hadir langsung dalam memantau jalannya donor darah. Ia menyambut baik kegiatan ini sebagai bagian dari realisasi tanggung jawab moral dan sosial UPNVJ dalam membantu sesama.

"Kita harus tolong menolong dalam hidup, karena ini merupakan kewajiban kemanusiaan kita," ucap Venus.

"Menolong orang lain dengan donor darah memiliki nilai kemanusian yang tinggi, karena ini menolong jiwa manusia secara ikhlas tanpa pernah tahu darah kita akan didonorkan kepada siapa," sambungnya.

IMG-20231123-WA0029.jpg

Terdapat persyaratan dalam kegiatan donor darah di UPNVJ. Secara umum, kondisi pendonor harus sehat jasmani dan juga rohani. Sementara persyaratan khusus lain di antaranya:

1. Berusia 17-60 tahun. 
2. Memiliki berat badan minimal 45 kilogram 
3. Suhu tubuh 36,6-37,5 derajat Celcius.
4. Tekanan darah harus berada di angka 100-160 untuk sistolik dan 70-100 untuk diastolik.
5. Saat pemeriksaan, denyut nadi harus sekitar 50-100 kali per menit. 
6. Kadar hemoglobin minimal 12 gr/dl untuk wanita, dan minimal 12,5gr/dl untuk pria.

Sebelumnya di bulan Oktober 2023, mahasiswa Fakultas Kedokteran UPNVJ bersama tim medis RSPAD Gatot Soebroto menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Tim Bantuan Medis FK yang disebut Korps Bantuan Avicenna khusus Angkatan Muda.

Donor darah ini bertujuan sebagai bentuk bakti sosial dan perwujudan rasa kemanusiaan. Kantong darah yang terkumpul disalurkan kepada pasien yang membutuhkan dukungan transfusi darah di RSPAD Gatot Soebroto.

Berita Sebelumnya

Kunjungi Rusia, UPNVJ Lanjutkan Kerja Sama dengan Lobachevsky State University

Berita Selanjutnya

UPNVJ Kunjungi UNN Rusia dalam Misi Perkuat Proyek Ilmiah dan Pendidikan