UPNVJ Kolaborasi dengan Pusdokkes POLRI Laksanakan Pelatihan Dasar Hiperbaric Chamber Oxygen Therapy

HumasUPNVJ - Pelatihan Hiper Barik Oksigen Terapi sudah sering dilaksanakan di UPN “Veteran” Jakarta yang merupakan hasil kerjasama antara UPNVJ, PT Mitra Multi Teknomedika (MMT) dan berbagai institusi mitra, yang kali ini dilaksanakan bersama Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri.

UPNVJ sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terus berusaha meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pada umumnya, salah satunya peningkatan layanan kesehatan dan lebih kekhususan lagi diantara layanan kesehatan lainnya yaitu Terapi melalui Chamber Hiperbarik.

UPNVJ mempunyai 2 jenis Chamber Hiperbarik yaitu Animal Hiperbarik dan Human Hiperbarik, pada Chamber Human Hiperbarik ini dapat memuat 10 orang UPNVJ “Veteran” Jakarta terus akan mengembangkan fungsinya disamping pendayagunaan SDM yang sudah ada. Dan untuk tujuan tersebut UPN “Veteran” Jakarta siap melakukan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Kedua Chamber Hiperbarik ini (Human dan Animal) tidak sebatas untuk pelayanan Dosen dan Mahasiswa saja tapi telah dikembangkan untuk pelayanan umum baik sebagai sarana penelitian atau terapi.

Di Gedung Merce FK ini selain layanan Laboratorium Hiperbarik juga diantaranya terdapat layanan Laboratorium Hematologi, Fisioterapi, Neurosains, Fisiologi dan Nutrisi, Hidro Terapi Penelitian Hewan, Klinik Utama yang dapat bermanfaat bagi sivitas akademika UPNVJ, institusi pemerintahan/swasta dan masyarakat umum lainnya.

WhatsApp_Image_2024-01-08_at_14.04.46.jpeg

Rektor UPNVJ, Anter Venus menyampaikan beberapa hal terkait, peningkatan layangan kesehatan, kerja sama multi-pihak dan pengembangan fasilitas dan SDM, “UPN "Veteran" Jakarta berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Pengembangan Chamber Hiperbarik mencerminkan upaya institusi ini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan lebih canggih. Kerjasama dengan PT Mitra Multi Teknomedika (MMT) dan Pusdokkes Polri menunjukkan kolaborasi antara institusi pendidikan, perusahaan swasta, dan pemerintahan. Kerjasama semacam ini dapat memperkuat infrastruktur kesehatan dan meningkatkan pengetahuan serta teknologi yang digunakan. Chamber Hiperbarik di UPNVJ tidak hanya digunakan untuk pelayanan Dosen dan Mahasiswa, tetapi juga terbuka untuk penelitian dan terapi umum. Fasilitas ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut seiring waktu, bersamaan dengan penguatan sumber daya manusia yang terlibat”, jelas Venus

Turut hadir Kapusdokkes Polri Irjen Pol dr. Asep Hendradiana, Sp.An-TI.,Subsp.IC (K).,M.Kes, Karumkit Bhayangkara Pusat Pusdokkes Polri Brigjen Pol. Hariyanto, Sp.PD, Sekretaris Pusdokkes Polri Brigjen Pol. Dr. Didiet Setioboedi, Sp.THT-KL,DFM, Para Kepala Biro Pusdokkes Polri dan Para Pejabat Utama Lainnya dilingkungan Pusdokkes Polri dan UPNVJ.

Pelatihan kali ini membahas dengan rinci mengenai Subaquatique & Hyperbaric Riview, Hyperbaric Chamber, Indication of International & National Hyperbaric Standard yang akan dipaparkan langsung oleh Prof. Dr. M. Guritno Suryokusumo, dr. SMHS, DEA dan AKBP. dr. Judy Dermawan, MMKes.

Kegiatan berlangsung hybrid , online melalui platform zoom meeting dan offline bertempat di Gedung Merce FK UPNVJ selama tiga hari, dimulai dari Senin 8 Januari 2024 sampai dengan Rabu 10 Januari 2024 diikuti oleh 38 peserta.
(*sa/humasUPNVJ)

WhatsApp_Image_2024-01-08_at_14.05.44.jpeg

 

Berita Sebelumnya

Rektor UPNVJ Terima Kunjungan LLDIKTI Wilayah III

Berita Selanjutnya

Registrasi Akun SNPMB 2024 Telah Dibuka, Ikuti Langkah Registrasinya