HumasUPNVJ — Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pembelajaran di perguruan tinggi. Salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan Applied Approach (AA), yang menjadi sarana strategis untuk memperkuat kompetensi pedagogik para dosen.
Wakil Dekan Bidang Keuangan Dan Umum FISIP UPNVJ sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan AA, Anwar Ilmar, S.Sos., M.IP menegaskan bahwa pelatihan ini berorientasi pada peningkatan kualitas pengajaran yang berkelanjutan. “Harapannya yang pertama tentu untuk dosen. Kegiatan ini dirancang agar mereka semakin terampil dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran,” ujarnya.
Ia menambahkan, pelatihan tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga pada penerapan praktis melalui serangkaian tugas langsung yang harus diimplementasikan oleh para dosen. “Dosen diminta melaksanakan arahan dari fasilitator yang nantinya diimplementasikan dalam pembelajaran di mata kuliah masing-masing,” jelasnya.
Salah satu fokus utama dalam pelatihan ini adalah rekonstruksi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome Based Education (OBE). Menurutnya, pendekatan OBE menjadi perhatian penting karena menekankan capaian hasil belajar sebagai tolok ukur utama keberhasilan pendidikan. “OBE ini menjadi perhatian utama karena menyangkut bagaimana pembelajaran dapat benar-benar berorientasi pada capaian hasil belajar,” imbuhnya.
Selain itu, para dosen juga dibekali kemampuan dalam penyusunan buku ajar. Dalam sesi ini, peserta dikenalkan mengenai konsep buku ajar, perbedaannya dengan modul, serta teknik penulisannya. “Menulis buku ajar sudah menjadi kewajiban bagi setiap dosen. Melalui pelatihan ini, dosen diharapkan bisa menghasilkan bahan ajar yang relevan dan berkualitas,” tuturnya.
Anwar menegaskan bahwa peningkatan kompetensi dosen akan berdampak langsung pada kualitas pembelajaran mahasiswa. “Kita berharap setelah mengikuti pelatihan ini, dosen bisa menerapkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh, mulai dari metode pembelajaran hingga penyusunan sumber belajar seperti buku ajar,” katanya.
Lebih jauh, ia menyampaikan bahwa upaya peningkatan kualitas dosen juga berkontribusi terhadap kemajuan institusi secara keseluruhan. “Jika kualitas dosen meningkat, otomatis pelayanan kepada mahasiswa juga meningkat, dan institusi pun akan semakin baik. Ini sejalan dengan visi universitas untuk menuju keunggulan,” pungkasnya.
Pelatihan Applied Approach ini menjadi langkah nyata FISIP UPNVJ dalam mewujudkan pendidikan tinggi yang unggul, inovatif, dan berorientasi pada hasil belajar, sekaligus mendukung visi universitas untuk menjadi kampus Bela Negara yang berdaya saing global.