WAREK II : 6 Hal Perubahan Untuk Meningkatkan UPNVJ

Upacara_Feb.JPG

 

UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) melaksanakan upacara bendera rutin bulanan dengan Pembina upacara WAREK II Dr. Prasetyo Hadi, SE., MM., CFMP Senin, 18/0212019 di lapangan upacara Dr. Wahidin Sudiro Husodo UPNVJ.

Prasetyo Hadi menyampaikan sambutan Rektor, bahwa ada beberapa hal untuk meningkatkan UPNVJ. Diantaranya Bidang Akademik, Bidang Pendidikan, Bidang Penelitian, Bidang Pengabdian, Bidang Umum dan Keuangan, dan Bidang Kemahasiswaan. Ungkapnya

Dalam bidang akademik terkait dengan pengelolaan tridarma perguruan tinggi di lingkungan UPN “:Veteran” Jakarta, saat ini telah dilakukan perbaikan dan pembenahan secara sungguh – sungguh, Terencana, Terintegrasi, Terarah, pada bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Bidang pendidikan di UPNVJ bertujuan agar menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing paling tidak 10 (sepuluh) skils utama yang ditutntut dalam era industri 4.0. untuk itu telah dilakukan pembenahanmeliputi, penetapan standar kompetensi akademik pengajar mata kuliah, penetapan kompetensi androgogik dosen pengajar, pengembangan dan standarisasi muatan Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU), pembaruan e-learning, implementasi surat keterangan pendamping Ijazah (SKPI), pembaruan standar administrasi akademik mulai dari perbaikan system prestasi hingga membangun sistem informasi pendidikan, penyederhanaan proses peningkatan jabatan akademik dan kepangkatan dosen, dan pembentukan pusat pengembangan pembelajaran, penyusunan konsep implementasi nilai – nilai Bela Negara serta pembangunan lingkungan belajar yang kaya (enriched learning environement), ilmiah dan ramah.

Pada bidang penelitian bertujuan dihasilkannya publikasi Nasional atau Internasional dalam jurnal bereputasi dengan sumber dana dominasi dari eksternal (lit yang memiliki daya jual). Untuk itu upaya pembenahan yang dilakukan meliputi empat dimensi yakni struktur, kultur, formatur, dan konektur. Keempat dimensi ini muncul dalam bentuk perubahan dan pembentukan struktur baru LPPM dengan mengangkat empat kepala pusat, membuat grand design penelitian yang terintegrasi mulai dari universitas hingga program studi.

Bidang pengabdian, target utama pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas UPNVJ memiliki rekam jejak yang jelas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perubahan pengelolaan pengabdian semuloa bersifat sporadic, tidak terstruktur beralih modal pengabdian didasarkan roadmap dan rencana strategis desa/kota binaan yang diperoleh dari hasil penelitian/pemetaan potensi.

Bidang umum dan keuangan, akan terus meningkatkan layanan yang diberikan kepada mahasiswa, dosen, pegawai dan masyarakatmenjadi program utama. Untuk itu upaya untuk melaksanakan budaya kerja berbasis PIKIR terus dilanjutkan dengan melaksanakan program-program peningkatan kapasitas pegawai berupa assesmen aspek manajerial untuk eselon 3 dan 4. Pelatihan computer untuk tendik, workshop dengan menghadirikan narasumber dari KPPN, Kemenristekdikti dan melaksanakan pelatihan service exellen dan beretika. Selain itu berbagai upaya perubahan budaya terus dilakukan dengan pencanangan Go Green, kawasan dilarang merokok, dan kawasan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu bidang kemahasiswaan memiliki target menjadikan mahasiswa UPNVJ memiliki softskill sesuai dengan tuntutan industri 4.0. mahasiswa saat ini difasilitasi untuk mengembangkan minat dan bakat, tidak hanya menjadi kutu buku, mahasiswa perlu alokasi waktu untuk berorganisasi, memiliki berbagai kegiatan ekstra dan intra dengan tetap memprioritaskan tugas kuliahnya.

Upacara_Feb_(2).JPGUpacara_Feb_(3).JPG

Berita Sebelumnya

UPNVJ Hadir di Education and Training Expo 2019

Berita Selanjutnya

Serah Terima Jabatan Komandan Resimen Mahasiswa Jayakarta UPN “Veteran” Jakarta 2018-2019.