​Cegah Plagiarisme, UPNVJ Lakukan Pelatihan Aplikasi (Turnitin)

PLAGIATRSM_(2).JPG

HumasUPNVJ - Seperti yang sudah kita ketahui dunia pendidikan perpustakaan menjadi salah satu lalu lintas lajunya informasi dan menjadi salah satu tempat dimana aktivitas menyusun karya tulis atau karya ilmiah dihasilkan. Berlandaskan hal tersebut Perpustakaan Pusat UPN Veteran Jakarta bekerjasama dengan IGROUP (ASIA – PACIFIC) LTD menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Anti Plagiarism (Turnitin) di Nusantara 1 Gedung Rektorat, Selasa (21/05/19)

PLAGIATRSM_(1).JPGAcara diikuti oleh 42 dosen dan tenaga pendidikan di lingkungan UPN “Veteran”Jakarta. Dalam hal ini Anter Venus Wakil Rektor bidang Akademik menyampaikan “Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi plagiatrism di lingkungan UPN “Veteran” Jakarta dan dalam pelatihan ini kita akan menggunakan tools (Turnitin), Karena dengan tools ini kita dapat mendeteksi apakah naskah tersebut sudah ada dan sama atau tidak yang ada di bank data. Alat ini sangat penting bagi PTN dalam rangka pencegahan praktis dan cepat, karena dengan waktu 5 menit kita bisa mengetahui tingkat kesamaan dari sebuah naskah dan kita bisa mengetahui sumber kesamaannya tersebut. Jika tingkat kesamaan 30% maka dikatakan masih diterima atau layak menjadi skripsi bebas plagiat, namun jika melebihi angka tersebut maka skripsinya wajib diubah. Dan untuk jurnal memiliki tingkat kesamaan maksimal 25%. Kita mulai menerapkan itu di lingkungan UPN “Veteran” Jakarta, Tindakan tersebut diambil untuk menghindari karya yang didokumentasikan di perpustakaan, ternyata mengandung unsur plagiarisme, tentunya ini adalah pekerjaan rumah seluruh sivitas akademika untuk memerangi hal tersebut.” Ujarnya.

Pelatihan ini langsung dilakukan oleh Sastriyati, SE dari IGROUP (ASIA – PACIFIC) LTD. Dalam pelaksanaannya beliau menyampaikan konsep dari (Turnitin), fitur, dan praktek langsung penggunaaan akun (Turnitin). Dengan adanya fitur ini diharapkan UPN “Veteran” Jakarta terhindar dari kegiatan plagiarism.

PLAGIATRSM_(3).JPG

Back to top