UPNVJ Memperingati Hari Lahir Pancasila

pancasila_2019_(7).jpeg

Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Para pegawai dan sivitas akademika UPN “Veteran” Jakarta melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertempat di Lapangan Gedung Dr. Wahidin Sudiro Husodo (FK) UPN “Veteran” Jakarta yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB, pada Sabtu (01/06/19).

Kepala BPIP (Hariyono) dalam sambutannya yang dibacakan oleh Rektor UPN “Veteran” Jakarta, Dr. Erna Hernawati., Ak., CPMA., CA. menyampaikan bahwa Pancasila sudah menjadi pedoman bagi Negara Kesatuan kita, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik secara bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bpancasila_2019_(8).jpeghinneka Tunggal Ika”. Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride).

Lebih lanjut, dalam pidatonya Rektor UPNVJ menyampaikan bahwa dengan melalui peringatan hari kelahiran Pancasila di setiap tanggal 1   Juni, kita harus semakin bersatu untuk membangun bangsa agar dapat merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil, dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

 

 

 pancasila_2019_(5).jpeg pancasila_2019_(9).jpeg

pancasila_2019_(6).jpeg pancasila_2019_(1).jpeg

Back to top