2.957 Mahasiswa Baru Mengikuti Upacara Pembukan Pengenalan Kehidupan Kampus UPNVJ

PKKMB_2019_(4).JPG

HumasUPNVJ - UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) menggelar upacara pembukaan Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2019/2020 di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, pada Senin 12 Agustus 2019.

Upacara dipimpin oleh Resimen Mahasiswa Muhammad Rohim perwakilan Fakultas Teknik angkatan 2018 dengan jumlah mahasiswa baru 2.957 orang. Dalam acara ini turut dihadiri oleh Komandan Brigade Infanteri 1 Marinir Kolonel Marinir Amir Kasman, S.E, M.M dan Rektor UPN Veteran Jakarta beserta jajarannya.

PKKMB_2019_(1).JPGAcara dibuka dengan laporan kegiatan oleh Dr. Suyatno, MM selaku ketua panitia PKKMB yang dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati. Dalam sambutannya beliau menyampaikann tema dari kegiatan PKKMB yaitu “Menjadi mahasiswa kreatif, inofatif, dan pembela negara di era revolusi industri 4.0,  dengan tujuan menyiapkan mahasiswa yang mandiri serta mempercapat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilan dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan sekaligus merupakan sarana untuk mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibannya” Tuturnya.

Beliau juga menyampaikan dalam PKKMB tahun ini memberikan muatan materi berupa pembekalan mengenai sistem pendidikan dan peraturan yang ada di UPNVJ.

 “Muatan materi dalam PKKMB ini meliputi pembekalan tentang sistem pendidikan tinggi, kegiatan akademik dan kemahasiswaan, materi bela negara, radikalisme, informasi penyalahgunaan narkoba, dan penyampaian berbagai kebijakan kampus sehingga diharapkan nantinya mendukung keberhasilan studi di UPNVJ dan memiliki daya saing di era revolusi industri 4.0” Ujarnya.

Rektor UPNVJ juga menambahkan “PKKMB dijadikan dasar untuk menginisiasi pembinaan idealisme, menanamkan dan memperkuat cinta tanah air dan kepedulian terhadap lingkungan juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. PKKMB ini juga diharapkan dapat menjadi wahana pengenalan 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Dengan kata lain melalui PKKMB kita ingin memberikan bekal awal agar mahasiswa dapat menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global” Tambahnya.

PKKMB_2019_(5).JPG  PKKMB_2019_(2).JPG

Dalam upacara pembukaan ini juga dilakukan penyematan secara simbolis dengan pemakaian almamater, topi dan name tag mahasiswa baru yang dilakukan langsung oleh Rektor UPNVJ serta pemukulan gong sebagai tanda kegiatan PKKMB telah dimulai.

Kegiatan PKKMB UPNVJ akan dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 12 hingga 16 Agustus 2019 dengan lokasi di Bumi Marinir Cilandak tanggal 12 – 14 Agustus 2019 dan di Kampus UPN Veteran Jakarta tanggal 15 dan 16 Agustus 2019.

PKKMB_2019....JPG

Back to top