Komisi Etik Penelitian Kesehatan UPN Veteran Jakarta Gelar International Course (On Surveying and Evaluating Ethics Review Practices)

KEPK_2019_(4).JPG

HumasUPNVJ - Re-Survey Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) UPN Veteran Jakarta untuk rekognisi ke-2 oleh Strategic Initiative for Developing Capacity in Ethical Review (SIDCER) Forum for Ethical Review Committees in the Asian and the Western Pacific Region (FERCAP) yang dilaksanakan pada tanggal 12 – 14 September 2019 di kampus UPN Veteran Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh 4 orang Team Survey yaitu Mrs. Milagros Viacrusis dari Philippines selaku Koordinator, Prof. Dr. Madarina Julia, Ph.D selaku Lead, dr. Agussalim Bukhari, Ph.D, dan Dr. drg. Lisa Rinanda Amir selaku Local Surveyor serta 15 orang Trainees dari perwakilan Komisi Etik se-Indonesia.

KEPK_2019_(3).JPG

Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati dalam sambutannya mengatakan bahwa “Sudah menjadi komitmen kami untuk melakukan inovasi layanan KEPK didukung sarana yang memadai. Harapannya hasil re-survey ini dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ranah kajian keilmuan di UPNVJ” Ujar Rektor.

KEPK_2019_(2).JPGMadarina saat memberikan arahannya menyampaikan “Survey dan evaluasi ini membantu KEPK dalam memperbaiki tata kelola dan performa dari KEPK UPNVJ dengan tujuan mengevaluasi pekerjaan yang dilakukan serta menilai apakah KEPK patuh terhadap hukum standar etik baik nasional maupun internasional” Jelasnya.

Dalam pelaksanaannya para Team Survey dan Team Trainee terbagi menjadi beberapa kelompok dengan menilai beberapa indikator yang meliputi Office & Equipment, SOP, Fillyng System, Management, and Evaluating.

Selama tiga hari kedepan para Team Survey dan Team Trainee akan bekerja keras untuk melihat, menilai dan mengevaluasi kinerja secara menyeluruh KEPK  UPN Veteran Jakarta. Rekomendasi hasil survey nantinya akan menjadi bahan action plan KEPK UPNVJ yang harus diselesaikan dan akan diumumkan hasilnya pada bulan november di Malaysia dalam acara International Conference SIDCER-FERCAP.

KEPK_2019_(1).JPG KEPK_2019_(6).JPG

KEPK_2019_(5).JPG

 

 

Back to top