Wisuda Ke – 64, UPN Veteran Jakarta Angkat Tema “Lulusan Unggul Beridentitas Bela Negara untuk Indonesia Maju”

 

IMG_9978.JPG

HumasUPNVJ - UPN Veteran Jakarta kembali menyelenggarakan wisuda semester genap tahun akademik 2019/2020 dengan lulusan sarjana sebanyak 794 wisudawan dari berbagai program studi yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center, Jakarta , pada Minggu (08/03/20).

Anter Venus Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Jakarta dalam laporannya juga menjelaskan 794 wisudawan ini terdiri dari 7 fakultas yang ada di UPN Veteran Jakarta baik dari program diploma, sarjana, profesi maupun magister.

Pada hari ini, di Gedung yang megah ini, ada 794 wisudawan yang akan dilantik. Mereka terdiri atas 31 orang lulusan Diploma Tiga, 601 orang lulusan Sarjana, 130 orang lulusan Profesi Dokter, dan 32 orang lulusan Magister. Sampai dengan Wisuda ke-64 ini UPN Veteran Jakarta telah menghasilkan lulusan sebanyak 52.674 orang yang tersebar diberbagai lembaga perusahaan/instansi pemerintah dan swasta baik di dalam maupun di luar negeri” jelasnya.

WISUDA_64_(3).JPG

Dengan mengusung tema “Lulusan Unggul Beridentitas Bela Negara untuk Indonesia Maju” rektor UPN veteran Jakarta Erna Hernawati memberikan amanah agar para lulusan dapat mandiri, memiliki sikap yang positif dan membela Negara dalam profesi barunya nanti dan tidak lupa untuk menjaga almamater dengan bersikap jujur.

Saya bangga dan saya amanahkan kalian untuk selalu mengajarkan bela negara disetiap profesi yang di miliki masing-masing lulusan. Gelar yang akan diemban nanti adalah cermin kebijaksanaan dan keilmuan yang telah kalian lahir dari hasil perjuangan kalian. Jaga nama almamater kita dengan sikap atau Attitude yang baik karena dengan itu dapat membantu kita untuk bisa diterima di berbagai jenis lingkungan dengan jenis dan tipe orang yang berbeda-beda. Sikap positif yang utama adalah sikap positif untuk selalu jujur, kejujuran merupakan kunci yang utama di dalam kehidupan individu maupun bermasyarakat” jelas rektor dalam sambutannya.

Anter Venus juga menambahkan agar para lulusan dapat mengimplementasikan identitas bela negara dalam proses pembelajaran dan mulai menanamkan 10 nilai dan keterampilan utama yang merupakan hasil kajian World Economic Forum tahun 2016 dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Kesepuluh keterampilan ini diyakini akan sangat mempengaruhi daya kompetitif mahasiswa dan lulusan dalam belajar dan bekerja. Kesepuluh kemampuan tersebut meliputi (1) Complex Problem Solving atau kemampuan memecahan masalah secara komprehensif dan strategis, (2) Berpikir kritis, (3) Kreativitas, (4) Mengelola manusia (people management), (5) kemampuan membangun hubungan, kerjasama dan berjejaring dengan orang lain (6) kemampuan pengendalian diri atau Kecerdasan Emosional (7) kecermatan dalam pengambilan keputusan, (8) Orientasi pelayanan, (9) kemampuan berNegosiasi, dan (10) Cognitive Flexibility atau Kelenturan otak kita untuk menerima pengetahuan baru yang setiap detik diproduksi dalam jumlah ratusan milyaran bit informasi.

Tidak hanya itu, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwadani,M.P Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi yang merupakan tamu kehormatan wisuda ke – 64 mewakili menteri Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi, ikut merasa bangga kepada lulusan UPN Veteran Jakarta yang memiliki identitas bela Negara. Beliau berharap lulusan UPN Veteran Jakarta akan terus unggul, berinovatif dan jujur dalam bersikap sejalan dengan visi UPN Veteran Jakarta  yaitu Menuju Perguruan Tinggi Badan Hukum, Inovatif, dan Berdaya Saing yang Beridentitas Bela Negara Tahun 2025.

WISUDA_64_(2).JPG

wisuda_64_(3).jpeg

Berita Sebelumnya

Balitbangda Melakukan Penandatanganan MoU dengan UPNVJ

Berita Selanjutnya

Berbeda dari Wisuda Sebelumnya, Wisuda ke - 64 Orkes SIMABARA Tampil Perdana hingga Ditiadakannya Jabat Tangan