Penyebaran Covid-19 Meningkat, Protokol Kesehatan Diperketat Pada Hari kelima UTBK UPN Veteran Jakarta

IMG_0093.JPG

HumasUPNVJ - Hari ini Kamis, 9 Juli 2020 merupakan hari kelima pelaksanaan UTBK di UPN Veteran Jakarta (UPNVJ).

Berdasarkan pemantauan tim humas hingga hari ini protokol kesehatan masih diperketat sesuai dengan prosedur kesehatan yang diberlakukan.

Tim medis dan petugas keamanan serta panitia UTBK lainnya bekerjasama untuk saling mengingatkan untuk mengikuti protokol kesehatan dengan tetap menjaga diri sendiri dan peserta UTBK.

Berdasarkan data yang didapat, selama sepekan ini terjadi peningkatan jumlah pasien positif covid-19 dengan rekor tertinggi pada Rabu, (08/07/20)  jumlah kasus baru berada di angka 1.853 dan DKI Jakarta termasuk penyumbang meningkatnya jumlah penyebaran covid-19 yang terjadi.

Melihat kondisi yang terjadi saat ini, salah satu tenaga medis pusat UTBK dr. Muhammad Fiki Fauzan menyampaikan beberapa hal yang sudah dipersiapkan UPNVJ dimulai dari protokol kesehatan para panitia yang bertugas hingga pengecekan peserta UTBK.

protokol_kesehatan_(3).jpg

Dalam pelaksanaan ini protokol kesehatan kami mulai dari panitia dengan melakukan screening suhu tubuh petugas jika suhu diatas 37,5 derajat maka petugas tidak diperbolehkan bertugas. Untuk peserta kami lakukan screening suhu tubuh juga, jika suhu diatas 37,5 derajat kita sarankan untuk istiirahat terlebih dahulu di posko yang tersedia, peserta kami minta untuk minum air mineral yang cukup lalu kami lakukan screening kembali. jika sudah istirahat suhu masih tinggi maka peserta tidak diperbolehkan mengikuti ujian dan akan direlokasi di gelombang kedua” ujar dr. Fiki.

dr. Fiki juga menyampaikan dehidrasi bisa menjadi penyebab suhu tubuh meningkat “penyebab suhu tubuh menjadi tinggi bisa jadi dikarenakan para peserta yang masuk sesi kedua sudah menunggu di pintu masuk dan sudah terpapar panas matahari cukup lama hal ini mengakibatkan dehidrasi sehingga suhu menjadi meningkat”.

protokol_kesehatan_(2).JPG

Bagi peserta yang belum melaksanakan ujian UTBK dr. Fiki juga menyampaikan beberapa hal yang bisa disiapkan jika keesokan harinya ingin melaksanakan ujian di UPNVJ

 “Para peserta yang ingin ujian keesokan harinya bisa menyiapkan diri dengan istirahat yang cukup saat malam hari karena dalam mengerjakan ujian butuh stamina yang baik, jika stamina baik maka suhu tubuh juga akan normal. Peserta sebelum datang ke pusat UTBK UPNVJ diwajibkan membawa masker, bisa dilengkapi juga dengan sarung tangan dan faceshield yang nyaman dikenakan.  Kami sarankan menggunakan masker kain karena masker medis hanya untuk orang yang sakit dan tenaga medis” ujarnya

Dengan meningkatnya jumlah positif covid- 19 sepekan ini, dr. Fiki juga memberikan saran bagi peserta UTBK maupun masyarakat luas untuk tidak merasa takut yang berlebihan. Perasaan bahagia adalah pilihan agar tetap menjaga kesehatan pikiran.

Saran yang ingin sampaikan agar kita tetap bisa produktif di kondisi saat ini dengan menjaga protokol kesehatan sendiri, jaga jarak 1 sampai 2 meter. Untuk pencegahan paling penting menjaga imunitas dalam tubuh, dengan berfikir positif, olahraga, minum vitamin, makan bergizi dan tidur yang cukup. Merasa bahagia adalah sebuah pilihan saat ini, karena covid-19 ini sudah ada di depan mata kita dan kasus positif tiap hari ada peningkatan, tapi kita harus berfikir bahwa kita akan menang menghadapi covid-19 dengan tetap saling mengingatkan” ujar dr. Fiki.

Berita Sebelumnya

UTBK-SBMPTN 2020, Tim Keamanan UPNVJ Sesuaikan dengan Protokol Covid-19

Berita Selanjutnya

Tembus 70.736 Orang Positif Covid-19 , Sugeng Siswanto: Dalam Waktu Dekat Kita Adakan Rapid Test Seluruh Pegawai UPNVJ