Percepat Paten Granted, UPNVJ Lakukan Mediasi

 

HumasUPNVJ - Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merupakan sebuah tolak ukur dari keberhasilan suatu lembaga dalam menghasilkan karya-karya dibidang perekayasaan. HKI UPN Veteran Jakarta berusaha selalu bebenah diri dan melakukan pengembangan untuk meningkatkan jumlah data yang paten granted.

Pada Rabu, 20 Januari 2021 lalu, UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) menyelenggarakan mediasi (mempertemukan) antara Pemeriksa Paten Ditjen HKI KemenkumHAM RI dan Inventor UPNVJ  untuk dapat bersama membahas invensi yang diajukan permohonan patennya hingga tercapai kesepakatan baik format maupun substansi paten.

Dalam mediasi kali ini UPNVJ membahas 2 (dua) dokumen antara lain Disain Kabin Panser   6x6 Dengan Prinsip  Ergonomi dengan inventor Dr. Ir. Halim Mahfud, M.Sc, Dr. Ir Reda Rizal, M.Si., Ir. Lilik Zulaiha, M. Si dan dokumen Prototype Model Doubel Hull Water Bus Fiber Glass Kapasitas Angkut  35 Orang dengan inventor Ir. Amir Marasabessy,MT., Drs. Bambang Sudjasta, M.T., Ir. Rusdy  Hatuwe, M.T.

Perolehan paten bagi perguruan tinggi  sangat mempengaruhi performa perguruan tinggi tesebut, karena  akan berpengaruh terhadap penentuan klaterisasi atau  pemeringakatn perguruan  tinggi.   Nyawa dari paten adalah komersilisasi artinya invensi yang ditemukan  melalui perolehan paten tersebut  harus bisa  bermitra dengan industri agar bisa diproduksi  dan menjadi sumber pendapatan  juga bagi perguruan tinggi.

Berdasarkan laporan Kayus Kayowuan dari Pusat HKI LPPM,mediasi yang dilakukan secara daring bersama Ir. Iksan, M.Si Direktorat Paten Kemkum HAM RI tersebut  menghasilkan proses yang cukup baik, walaupun masih ada beberapa perbaikan secara teknis pada dokumen paten terkait dengan kejelasan invensi, klaim dan tata cara penulisan dokumen  paten yang baku.

 

Berita Sebelumnya

Dr. Aulia Dosen FK UPNVJ, Dampingi Wakil Walikota Depok Terpilih Mohammad Idris Resmikan Klinik Kesehatan Di Wilayah Pancoran Mas

Berita Selanjutnya

Bahas Tuntas Jalur Masuk UPN Veteran Jakarta 2021 Bersama Dr. Anter Venus, MA., Comm,