Tingkatkan Motivasi Kerja untuk Meraih Prestasi, Pegawai Rektorat UPNVJ Ikuti Capacity Building

HumasUPNVJ - Perubahan pola pengelolaan keuangan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta pada tanggal 31 Mei 2021 yaitu dari pengelolaan satuan kerja menjadi pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 209/KMK.05/2021 tentang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Politeknik Negeri Bali dan Politeknik Negeri Jakarta pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Instansi Pemerintah yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Dengan kondisi tersebut UPNVJ perlu melakukan penyesuaian atas perubahan yang terjadi, dimana perubahan ini dapat dibilang perubahan yang cukup cepat dan signifikan. Perubahan tidak hanya terjadi pada administrasi saja, namun perubahan terjadi atas keseluruhan tata kerja dan pola kerja UPNVJ, bahkan sampai dengan taraf manajerial.

Dengan kondisi tersebut, diperlukan kerjasama seluruh perangkat yang berada di dalam badan UPNVJ, usaha dan kerja keras dari para pimpinan, dosen bahkan dari seluruh tenaga Kependidikan dari level atas sampai level bawah. Pergerakan utama dimulai dari Rektorat, dimana rektorat merupakan sentral dari seluruh kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh Satker lainnya di bawah Rektorat. Oleh sebab itu maka perangkat yang berada di Rektorat perlu dibekali dengan peningkatan kapasitas, namun selain peningkatan kapasitas, perangkat rektorat juga perlu dibekali pemahaman visi misi UPNVJ dan rasa memiliki atas UPNVJ, sehingga akan tercipta secara bersamaan penyesuaian atas perubahan dan pencapaian atas visi misi satuan kerja yang tepat dan cepat.

Untuk mendukung segala terwujudnya harapan tersebut di atas, maka Rektorat berencana untuk mengadakan kegiatan Capacity Building Pegawai di Lingkungan Rektorat UPNVJ. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam hal pemahaman visi misi, peningkatan rasa memiliki, kemampuan Kerjasama tim, peningkatan motivasi kerja dan peningkatan kepercayaan diri. Melihat dari tujuan tersebut, nantinya kegiatan akan dikemas dengan penyampaian materi motivasi yang diseingi oleh banyak outbound serta games tim. Kegiatan rencananya akan dilaksanakan di luar Jakarta, hal tersebut dilakukan agar menciptakan suasana baru yang menyenangkan dan memungkinkan dilakukan outbound (kegiatan luar ruangan).

Kegiatan Capacity Building ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas masing-masing pegawai terutama dalam hal peningkatan kemampuan dalam kerjasama tim, meningkatkan motivasi kerja dan peningkatan kepercayaan diri dalam bekerja sehingga diharapkan engan meningkatnya kapasitas maka akan meningkatkan pula kinerja UPNVJ secara keseluruhan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini agar seluruh pegawai paham akan visi misi UPNVJ sehingga dengan mudah UPNVJ dapat mencapai visi misi tersebut dalam waktu yang cepat, serta mendukung perkembangan UPNVJ ke arah yang jauh lebih baik. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, Minggu – Selasa, 14 – 16 November 2021 bertempat di Highland Park Resort Bogor dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah yaitu dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan membawa handsanitizer pribadi. Kegiatan ini dihadiri oleh semua satuan kerja Rektorat UPNVJ.

DSC00071.JPG

Suharyati, MM selaku Plt. Kepala Biro Umum dan Keuangan menyampaikan sambutannya, “Outcome yang diharapkan atas pelaksanaan kegiatan Capacity Building Pegawai di Lingkungan Rektorat UPNVJ diantaranya: Pegawai memahami visi misi UPNVJ, Rasa memiliki atas Satuan Kerja semakin tinggi, Peserta mampu bekerjasama dengan Tim, Memiliki Motivasi Kerja untuk Meraih Prestasi, Memiliki rasa percaya diri dalam bekerja. Manfaat terlaksanakanya kegiatan dimaksud bagi para pegawai diantaranya: Meningkatkan keterampilan dalam “Menyelesaikan Masalah “(Problem Solving) dan “Pengambilan Keputusan” (Decision Making) secara cepat dan tepat didasarkan pada kecakapan dalam mengidentifikasi “Key Problem”, Meningkatkan Kemampuan dalam “Kepemimpinan dan Pemberdayaan” (Situational Leadership & Empowerment) yang disesuaikan dengan situasi, Menjadi “Agen Perubahan” (Change Agent) yang efektif dan efisien di lingkungan unit kerja masing-masing dan Memiliki Kepekaan dalam “Kewirausahaan” (Entrepreneurship),” pungkas Suharyati

DSC00086.JPG

Wakil Rektor bidang umum dan keuangan, Dr. Prasetyo Hadi, SE, MM, CFMP mewakili Rektor memberikan sambutan sekaligus membuka acara, “Mewakili Rektor, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim panitia yang terlibat, terkhusus kepada tim EO yang membantu kami, Trustco, semoga seluruh kegiatan dari hari ini sampai dengan tiga hari kedepan berjalan lancar. Seperti tema yang diusung, “Tanggung Jawab Pribadi untuk Berprestasi” semoga output yang didapat mampu menghasilkan hasil yang baik untuk kita semua, semoga efektif, efisien dan berkelanjutan,” ucapnya

DSC00114.JPG

Sebelum kegiatan diambil alih oleh para trainer Trustco, Dr. Anter Venus MA, Comm, selaku Wakil Rektor bidang Akademik, “Acara ini untuk membangun kapasitas dan kekompakan tim kita khususnya untuk bekerja. Kemajuan organisasi kita kemajuan instansi kita adalah tanggung jawab diri kita. Bagaimana cara menumbuhkan pola pikir yang baik untuk bekerja, seperti tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk Tujuannya adalah agar pegawai rektorat meneriman manfaat jangka panjang atas pelaksanaan capacity building dimaksud diantaranya: Pegawai paham target yang akan dicapai program studi/fakultas/universitas di masa depan dan kontribusi apa yang perlu di upayakan oleh pegawai, Pegawai paham tentang sejarah dan nilai-nilai UPNVJ, Terjalin kesamaan persepsi dan kesamaan tujuan dalam posisi sebagai pegawai UPNVJ dan Menjadi “Agen Perubahan” (Change Agent) yang efektif dan efisien di lingkungan unit kerja masing-masing.

Kegiatan dilanjutkan dengan Indoor Session Motivation 1, Peningkatan Kapasistas Tim: Membangun Kompetensi Diri dan Motivasi Kerja. Lalu dilanjutkan dengan Indoor Session Motivation 2 Peningkatan Kapasistas Tim: Membangun Kerja Sama dan Soliditas Tim.

Untuk hari kedua, 15 November 2021 dilanjutkan dengan in group felling, Games dan kegiatan outbound lainnya dan Indoor Session Motivation 3, Selfdisclosure & Communication games oleh Roy Rundonowo.

Lalu hari terakhir diisi dengan materi dari Dr. Iwan Kresna, MM, yang membahas mengenai Action Oriented Thingking/ PIKIR/Achievement Motivation.

Berita Sebelumnya

Kunjungan Kerja Sama UPNVJ ke Universitas Sam Ratulangi

Berita Selanjutnya

Tindaklanjuti Darurat Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi, Permendikbudristek PPKS Diluncurkan