Belajar Ragam Budaya Indonesia, PMM 4 UPNVJ Gelar Kelas Modul Nusantara di TMII

HumasUPNVJ – Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4 UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) diajak untuk mengenal keberagaman nusantara melalui mata kuliah khusus yang disebut Modul Nusantara (MN).

Mahasiswa PMM menjalani sejumlah rangkaian kegiatan yang telah didesain oleh Dosen MN. Kegiatan tersebut difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berurutan dan berulang.

Minggu kemarin, tepatnya pada Sabtu 24 Februari 2024, merupakan kelas MN pertama yang diselenggarakan. Sebanyak 48 mahasiswa yang dibagi kedalam dua kelompok (Dwipantara dan Ratna Bhumi) didampingi Dosen MN dan mahasiswa liaison officer (LO) mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berlokasi di Jakarta Timur.

foto_tmii.png

Kedua Dosen MN yaitu Andy Sirada, S.S.T, M.Fis dan I Wayan Rangga P, M.Kom menugaskan mahasiswa PMM Angkatan 4 untuk melakukan kunjungan ke minimal dua anjungan daerah selain daerah asal mahasiswa dan DKI Jakarta, lalu kunjungan ke museum batik, dan museum keprajuritan,

Disana mahasiswa ditugaskan untuk membuat video perkenalan diri secara singkat, beserta perkenalan daerah yang dikunjungi. Tidak hanya itu, untuk level yang lebih menantang, mahasiswa diminta untuk membuat mahakarya yang menggambarkan keistimewaan daerah tersebut dalam rupa video tarian daerah, puisi berbahasa daerah, cerita rakyat daerah, menyanyikan lagu daerah, menggambar rumah adat, dsb.

IMG_4774.JPEG.jpg

Berdasarkan laporan dari Kepala Suku PMM Angkatan 4 UPNVJ, Hesti Alifia, setibanya di TMII masing-masing kelompok langsung berpencar untuk menyelesaikan misi/tugas ke beberapa destinasi anjungan dan museum yang telah ditentukan.

Mahasiswa dari Universitas Cendrawasih ini menyebutkan estimasi pengerjaan tugas dan misi dari masing-masing kelompok adalah 5 jam. Waktu tersebut dianggap lebih dari cukup untuk dapat menjelajahi berbagai jenis anjungan dan museum.

“Estimasi pengerjaan tugas dan misi dari masing-masing kelompok adalah 5 jam yang membuat kami banyak menghabiskan waktu untuk meng-explore anjungan dari berbagai provisi di Indonesia serta bersempatan untuk meng-explore berbagai jenis museum.” Ujar Hesti mewakili teman-temannya pada laporan singkat yang diberikan kepada Humas UPNVJ.

foto_tmii_2.png

Dari wisata edu trip ini mahasiswa PMM Angkatan 4 berkesempatan menyaksikan perjalanan sejarah NKRI dan biografi dari pahlawan-pahlawan yang berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia melalui kunjungan ke Museum Keprajuritan.

Di sisi lain, di Museum Batik Indonesia mahasiswa belajar mengenai Sejarah batik Indonesia hingga jenis-jenis batik serta cara pembuatannya.

TMII dipilih sebagai destinasi utama berdasarkan anggapan bahwa mahasiswa pertukaran perlu mengetahui ragam budaya di Indonesia. Apalagi mahasiswa PMM adalah mereka yang datang dari berbagai macam latar belakang budaya dan ras sehingga penting bagi mereka untuk menambah wawasan baru tentang budaya-budaya lain di Indonesia dengan penyajian yang cukup lengkap dan terperinci.

Berita Sebelumnya

Dosen UPNVJ Jadi Pembicara di Konferensi Internasional Universitas Lobachevsky

Berita Selanjutnya

Keseruan Sosialisasi UPNVJ di Sekolah Prestasi Prima Jakarta