KPU Libatkan UPNVJ 'Tuk Saksikan Praktek Demokrasi Elektoral di Indonesia Lewat Acara IEVP

HumasUPNVJ – Dalam rangka Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif secara serentak Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan kegiatan “Indonesia’s Election Visit Program (IEVP)” selama empat hari (12-15/02).

"Mulai 2004 Pemilu diselenggarakan untuk memilih Presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD Provinsi,dan DPRD kabupaten kota. Ini menunjukkan akuntabilitas atau kompetibel antara nilai-nilai yang dianut warga Indonesia, nilai-nilai sebagai orang Islam dengan demokrasi yang dipraktekkan di Indonesia," Ucap Hasyim Asy’ari, Ketua KPU, dalam sambutannya di Hotel Sangri-La, Jakarta Pusat, Senin (12/02) malam.

IMG_0837.JPG

KPU telah secara rutin menyelenggarakan apa yang disebut sebagai Indonesia Election Visit Program sebanyak enam kali sejak tahun 2014. Program ini dilakukan setiap kali ada penyelenggaraan pemilu untuk memfasilitasi para pihak yang ingin melihat proses-proses pemilihan atau pemilu di TPS, serta untuk mengadakan konferensi yang mencakup hal-hal yang berkaitan dengan pemilu dalam situasi menjelang hari pemungutan suara.

Dalam kegiatan ini KPU turut mengundang Penyelenggara Pemilu Negara Sahabat, Perwakilan Kedutaan Besar Negara Sahabat, Universitas Mitra Kerjasama, dan Penggiat Pemilu baik Nasional maupun Internasional, dan juga Kementerian/Lembaga terkait.

IMG_0993.JPG

UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) menjadi salah satu dari tujuh Perguruan Tinggi di Indonesia yang secara hormat diundang oleh KPU agar berpartisipasi menyaksikan proses penyelenggaraan Pemilu 2024. Selain UPNVJ, turut diundang pula perwakilan dari UI, ITB, USU, UNDIP, UNAND, dan UNIB.

Rektor UPNVJ, Dr. Anter Venus, MA., Comm ditemani salah satu Dosen program studi Ilmu Politik sekaligus pengamat politik, Danis Tri Saputra W., S.IP., M.I.P hadir di acara pembukaan IEVP tersebut.

Venus menjelaskan UPNVJ tahun ini merasa senang dapat terlibat secara langsung untuk menyaksikan prekatek demokrasi elektoral di negara dengan Masyarakat muslim terbesar di dunia.

IMG_1003.JPG

Para partisipan juga akan diajak untuk menyaksikan proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang nanti akan dituju pada hari ke tiga acara (bertepatan dengan hari Pemilu 2024 yaitu 14 Februari 2024).

“Jadi partisipasi kita dalam acara IEVP ini untuk mendapat penjelasan dan melakukan kunjungan serta diskusi tentang Pemilu di Indonesia. Election Management Body dari negara lain ya, KPU negara lain juga ikut menyaksikan proses penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.” Jelas Venus kepada Humas UPNVJ yang juga hadir dalam acara pembukaan IEVP kemarin.

Sementara itu, berdasarakan penjelasan dari Komisioner KPU, Mochamad Afifuddin diketahui lokasi TPS yang nantinya akan dikunjungi negara-negara tetangga terletak di 3 provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. (sf)

Berita Sebelumnya

Mahasiswa MIK UPNVJ Ikut Kuliah Metodologi dan Krisis Komunikasi di UPM

Berita Selanjutnya

Dr. Henry B H Sitorus, Wakil Rektor bidang Akademik : UPNVJ Lakukan Kuliah Online agar Mahasiswa Bisa Ikut Pemilu 2024