PKMM UPNVJ: Tomy Ristanto Bahas Personal Branding dan Public Speaking

PKMM_DAY_2:.jpeg

HumasUPNVJ - Sebagai upaya membentuk mahasiswa terampil dan kreatif, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) mengundang Tomy Ristanto, seorang produser dan news anchor yang pernah bekerja di berbagai stasiun televisi. Saat ini, Tomy menekuni diri sebagai On Screen Maximizer dan Public Speaking Trainer.

Agenda ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pelatihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (PKMM).

"Manfaat personal branding yang utama adalah meningkatkan nilai kita, meningkatkan rasa percaya diri, membedakan kita dengan kompetitor atau pesaing, membentuk kredibilitas dan membangun citra," jelas Tomy di hadapan 114 mahasiswa di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika pada Rabu (28/02/24).

Dalam kesempatan ini, Tomy membahas tuntas mengenai personal branding, termasuk mengenai bagaimana cara memulai, menerapkan strategi personal branding, hingga menggunakan kemampuan public speaking.

Menurutnya, memulai personal branding untuk mahasiswa bisa dimulai dengan menentukan tujuan. Dalam proses ini, mahasiswa didorong untuk cekatan, rajin membuat to-do-list, menyusun curriculum vitae, membangun akun media sosial, mempelajari komunikasi yang baik, dan mencari mentor atau role model.

Pernah menjadi seorang moderator debat pamungkas calon presiden dan wakil presiden, Tomy juga menyampaikan perihal strategi personal branding dengan mencontohkan dirinya. Ia pernah melabeli dirinya sebagai sosok pintar, serius dan sehat dengan menunjukkan aktivitas olahraga.

Dalam pembahasannya mengenai public speaking, Tomy menjelaskan tentang cara berbicara dengan baik di hadapan umum.

Tidak hanya itu, Tomy juga menceritakan dan mempraktikan secara langsung tentang bagaimana proses awal hingga akhir, mengenai bagaimana ia bisa menjadi seorang pembicara publik hingga saat ini.

"Elemen dasarnya dengan menentukan materi yang disampaikan, lakukan riset, tentukan pesan utama dan pesan pendukungnya, serta perbanyak data perihal apapun yang akan kita sampaikan," jelas Tomy.

*(ans/HumasUPNVJ)

PKMM_DAY_2..jpeg

Berita Sebelumnya

556 Mahasiswa UPNVJ Lakukan Aktualisasi Diri Lewat Program MSIB Kemendikbudristek

Berita Selanjutnya

18 Mahasiswa Kontingen Pencak Silat UPNVJ Siap Berlaga di Bandung