Prof. Dr. Parmin Belmawa Kemendikbud Beri Pembekalan kepada Ormawa UPNVJ

PKMM2.jpeg

HumasUPNVJ - Kegiatan Pelatihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (PKMM) di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) menghadirkan Prof. Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd. Reviewer dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaa (Belmawa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam kesempatan ini, Prof. Parmin menyampaikan pengetahuan seputar pengelolaan organisasi mahasiswa dan proses belajar mengajar dengan minim resiko.

"Ormawa merupakan sesuatu yang menarik dikaji karena dengan ormawa membuat generasi milenial bisa memiliki bakat, solidaritas sesama manusia dan multidisipilin keilmuan. Jadi jika mahasiswa tidak ikut serta dalam organisasi akan sulit dalam pengkajian," ujar Prof. Parmin dalam penjelasannya melalui Zoom pada Selasa (27/02/24).

Prof. Parmin juga menjelaskan perlunya manajemen resiko dalam organisasi mahasiswa. Mahasiswa didorong untuk mengutamakan keselamatan jiwa dan raga dalam berkegiatan, melacak sumber-sumber risiko dalam kegiatan, menyediakan informasi risiko bagi kepanitiaan kegiatan, minimalisasi kerugian akibat terjadinya risiko, dan memberikan rasa aman bagi para pemangku kepentingan (stakeholder) serta melindungi fungsionaris ormawa dari persoalan hukum.

Beliau juga menjelaskan bagaimana para mahasiswa harus mengenali manajemen resiko mulai dari menerapkan prosedur kebijakan, mengurangi resiko saat pelaksanaan, hingga mengurangi risiko kerugian dari kegiatan-kegiatan yang ada.

Prof. Parmin juga berpesan kepada para mahasiswa UPNVJ untuk terus berkayar, memberikan yang terbaik dan menjaga nama baik universitas.

"Jangan berhenti berkarya di UPNVJ. Berikan yang terbaik saat proses belajar dan jaga nama baik saat di luar kampus," tutup Prof. Parmin.

*(ans/HumasUPNVJ)

Berita Sebelumnya

Dewas Lakukan Pengecekan Pembangunan Fasilitas Belajar di UPNVJ

Berita Selanjutnya

Tingkatkan Pemahaman Manajerial Mahasiswa, UPNVJ Gelar PKMM 2024 Bagi Pengurus ORMAWA