Tingkatkan Pemahaman Manajerial Mahasiswa, UPNVJ Gelar PKMM 2024 Bagi Pengurus ORMAWA

WhatsApp_Image_2024-02-27_at_10.04.11.jpeg

HumasUPNVJ - Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi dewasa ini dituntut tidak hanya menghasilkan sumber daya manusia yang berilmu pengetahuan (hard skill) saja, namun juga harus memiliki kemampuan soft kill. Keterampilan soft skill diperoleh melalui kegiatan ekstra kurikuler. Salah satu bentuk ekstra kurikuler adalah kegiatan organisasi kemahasiswaan seperti Majelis Permusyawaran Mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), maupun Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS) yang menuntut pengetahuan dan keterampilan manajerial.

Maka karenanya bekal pengetahuan dan keterampilan manajerial untuk mengelola organisasi kemahasiswaan perlu dimiliki oleh para mahasiswa, terutama para mahasiswa yang terlibat langsung dan aktif dalam kepengurusan organisasi kemahasiswaan baik di tingkat program studi, fakultas, maupun di tingkat universitas. Salah satu bentuk upaya untuk memberi bekal tersebut dengan memberikan program pelatihan yaitu Pelatihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (PKMM) yang difasilitasi oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Kegiatan PKMM ini diselenggarakan selama dua hari, terhitung sejak hari ini (27/2) sampai dengan esok hari, 28 Februari 2024 bertempat di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika UPNVJ.

WhatsApp_Image_2024-02-27_at_10.04.10.jpeg

Ria Maria, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UPNVJ menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diharapkan pada kemudian hari hasilnya dapat membawa banyak manfaat bagi mahasiswa-mahasiswi UPNVJ, “PKMM atau Pelatihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa ini diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya. Disini adik-adik, anak-anakku semua bisa mempelajari banyak hal, diantaranya bisa meningkatkan kemampuan manajerial, cara berkomunikasi dengan baik dan benar, cara menyampaikan pendapat dengan santun, cara membuat proposal kegiatan, cara meningkatkan softskill dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa dipelajari. Kami berharap semoga seluruh calon pemimpin bangsa yang hadir hari ini bisa menerapkan ilmu yang didapatkan pada kehidupan sehari-hari nantinya”, jelas Ria pada saat memberikan sambutan.

Peserta yang hadir adalah perwakilan pengurus Ormawa UPNVJ tahun 2024 dengan total 114 orang.

Beberapa materi yang disampaikan meliput: Sosialisasi Bidang Kemahasiswaan, Personal Branding, Tata Kelola Organisasi Kemahasiswaan UPNVJ, Manajemen Risiko, Administrasi, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Dalam Perspektif Literasi Keuangan, Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIWA), dan Sponsorship & Pemasaran Produk.

Turut hadir berbagai narasumber hebat yang terbagi dalam dua hari, yakni di hari pertama, hadir Dra. Intan Hesti Indriana, M.M.(Plt. Kepala Biro AKPK) membahas mengenai Kemahasiswaan, Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd.(Riviewer Belmawa Kemendikbud/Dosen Universitas Negeri Semarang) membahas mengenai Manajemen Risiko Kegiatan Kemahasiswaan, M. Faisal Ludin, S.Ak. membahas mengenai Administrasi Keuangan, Drs. Haryanto membahas mengenai Administrasi Tata Naskah dan Dr. dr Ria Maria Theresa SpKJ, MH, membahas mengenai Tata Kelola Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) UPN ”Veteran” Jakarta. Dan dihari kedua nanti, hadir  Tomy Kristanto

 (News Anchor dan Presenter) membahas mengenai Personal Branding, Wendi Nurhayat dan Bernard Putra Tristanto (Penyuluh Anti Korupsi Muda Kemenkeu) membahas mengenai Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara  dalam Perspektif Literasi Keuangan, Rio Wirawan S.Kom. MMSI (Dosen Fakultas Ilmu Komputer) membahas mengenai Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi  

 Kemahasiswaan (Siwa), Evanto Christian (Sponsorship & Partnership Event Kitabisa.com) membahas mengenai Sponsorship dan Branding Event. (*sa/humasUPNVJ)

WhatsApp_Image_2024-02-27_at_10.04.09.jpeg

Berita Sebelumnya

Prof. Dr. Parmin Belmawa Kemendikbud Beri Pembekalan kepada Ormawa UPNVJ

Berita Selanjutnya

556 Mahasiswa UPNVJ Lakukan Aktualisasi Diri Lewat Program MSIB Kemendikbudristek